Piala Dunia 1974: Jerman Barat Berjaya di Tanah Sendiri

Alfa Mandalika    •    06 Juni 2018 20:15 WIB
piala dunia
Piala Dunia 1974: Jerman Barat Berjaya di Tanah Sendiri
Jerman Barat Juara Piala Dunia 1974. (Foto: Empics/Wilfried Witters)

PIALA Dunia 1974 menjadi momen tak terlupakan bagi Timnas Jerman Barat. Gerd Mueller dkk berhasil menyabet trofi Piala Dunia untuk kedua kalinya.

Jerman Barat tampil nyaris sempurna dari penyisihan grup. Jerman Barat hanya menelan sekali kekalahan dari Jerman Timur pada penyisihan grup.

Pada pertandingan pertama, mereka mengalahkan Cile dengan skor tipis 1-0. Berlanjut pada laga kedua, Jerman Barat menyudahi perlawanan Australia dengan skor 0-3.

Pada laga pamungkas, Jerman Barat menyerah dari Jerman Timur. Kala itu, Juergen Sparwasser menjadi aktor penting kemenangan Jerman Barat.

Selanjutnya, delapan negara yang menjadi juara dan runner up grup kembali dibagi dua grup. Jerman Barat masuk di Grup B. Pada babak tersebut, Jerman Barat kembali membuktikan kualitas terbaiknya.

Tercatat, mereka mengalahkan Yugoslavia 0-2, menumbangkan Swedia 4-2, dan menundukkan Polandia 1-0. Alhasil, Jerman Barat memimpin grup dan berhak melaju ke babak final.

Sedangkan juara Grup A ditempati Belanda. Tim Oranje menyudahi perlawanan Brasil, Jerman Timur, dan Argentina. Johan Cruyff dan kolega tampil meyakinkan pada babak kedua tersebut.

Belanda menang besar 4-0 atas Argentina. Lalu, membungkam Jerman Timur 0-2 dan mempecundangi Brasil 2-0.

Baca: Cuper: Mesir bukan Hanya Mohamed Salah


Selain Jerman Barat dan Belanda yang tampil di final, Polandia dan Brasil berhasil keluar sebagai runner-up. Mereka berhak memperebutkan gelar juara ketiga.

Menghadapi Brasil yang kenyang pengalaman tak membuat Polandia gentar. Akhirnya Polandia menang tipis 1-0 lewat aksi Grzegorz Boleslaw Lato pada menit 76. Lato juga menjadi top skorer di Piala Dunia tersebut dengan raihan tujuh gol.

Kembali ke babak final, Jerman Barat dan Belanda sama-sama mempertontonkan jual beli serangan. Franz Beckenbauer yang memimpin skuat Jerman Barat tersengat gol cepat Belanda pada menit kedua.

Adalah Johannes Jacobus Neeskens yang membuat pendukung di Olympiastadion Munich terdiam. Gaya total football Belanda benar-benar mengejutkan Jerman Barat.

Akan tetapi, Jerman Barat mampu membalasnya lewat aksi Paul Breitner. Mendapatkan kesempatan penalti, Breitner menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Termotivasi gol Breitner, akhirnya giliran Jerman yang tampil menekan. Hingga akhirnya, Gerd Mueller mencetak gol pada menit 43 sekaligus menjadi pahlawan kemenangan Jerman Barat. Sampai peluit panjang dibunyikan, Jerman Barat tetap unggul 2-1 atas Belanda.

Baca: Juara, Harga Mati Buat Timnas Inggris


Fakta Menarik Piala Dunia 1974:
- Piala Dunia 1974 adalah turnamen Piala Dunia ke-10

- Trofi Piala Dunia 1974 pertama kalinya diciptakan oleh pematung asal Italia, Silvio Gazzaniga

- Australia, Jerman Timur, Haiti, dan Zaire menjalani debut mereka di pentas Piala Dunia

- Jerman Barat menjuarai Piala Eropa pada 1972 sebelum menjuarai Piala Dunia pada 1974. Kesuksesan tersebut diikuti oleh Spanyol (Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010). Prestasi nyaris mirip juga pernah dilakukan Prancis. Namun, Les Bleus menjuarai Piala Dunia terlebih dulu pada 1998 lalu menjuarai Piala Eropa 2000.

- Gol di partai final yang diciptakan Gerd Mueller merupakan gol ke-14 sepanjang sejarah Piala Dunia yang ia ikuti. Mueller berhasil melewati rekor Just Fontaine (13 gol). Namun, rekor Mueller berhasil dilewati Ronaldo 32 tahun kemudian yakni pada 2006. Ronaldo menciptakan 15 gol dari tiga Piala Dunia yang dia ikuti. Namun, rekor tersebut kembali pecah oleh striker Jerman Miroslav Klose yang menciptakan 16 gol dari empat Piala Dunia yang dia ikuti.

- Piala Dunia 1974 tercatat tak pernah menggelar pertandingan perpanjangan waktu. Turnamen di Jerman Barat ini terakhir kalinya menggelar turnamen tanpa perpanjangan waktu. Sebelumnya terjadi juga pada 1930, 1950, dan 1962.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Nonton Piala Dunia Bisa Streaming Lewat Aplikasi Ini


(ASM)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /