Diari Piala Dunia: Evolusi Format Peserta

Achmad Firdaus    •    07 Juli 2018 09:00 WIB
piala dunia 2018
Diari Piala Dunia: Evolusi Format Peserta
Medcom.id

Jakarta: Turnamen sepak bola terbesar di dunia, Piala Dunia, telah 20 kali digelar sejak pertama kali dilangsungkan pada 1930. Piala Dunia 2018 di Rusia yang saat ini tengah berlangsung merupakan edisi ke-21.

Selama 20 kali penyelenggaraannya, tentu ada banyak perubahan yang terjadi. Mulai dari format turnamen, regulasi pertandingan, hingga jumlah pesertanya.

Sejak pertama kali digelar di Uruguay pada 1930, Piala Dunia sudah tiga kali mengalami perubahan, dalam hal jumlah pesertanya. Piala Dunia pertama hanya diikuti 13 negara. Bukan lewat jalur kualifikasi, tapi undangan.
 

Baca: Diari Piala Dunia: Regulasi Kartu Kuning & Merah Pertama Diberlakukan


Setelah itu, perubahan dilakukan. Mulai edisi kedua, yakni pada Piala Dunia 1934 jumlah peserta ditambah menjadi 16. Babak kualifikasi juga mulai diberlakukan.



Format 16 tim peserta Piala Dunia berlangsung cukup lama. Hingga akhirnya pada Piala Dunia 1998 di Prancis, FIFA membuat terobosan baru dengan menambah kontestan menjadi 32 negara yang bertahan hingga Piala Dunia 2018 di Rusia.

Perubahan akan kembali terjadi di Piala Dunia 2026. Pada Januari tahun lalu, FIFA sudah resmi mengambil keputusan untuk menambah jumlah peserta dari 32 menjadi 48 negara.

Klik tautan ini https://www.medcom.id/pialadunia/diary untuk tahu lebih banyak terkait hal-hal menarik yang pernah terjadi di Piala Dunia.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ? Intip Sibur Arena Stadion Tercantik di Rusia, #SalamdariRusia



(ACF)


Video /