Jelang Prancis vs Belgia

Prediksi Prancis vs Belgia: Uji Kedalaman Skuat Les Bleus

Patrick Pinaria    •    10 Juli 2018 13:04 WIB
timnas prancispiala dunia 2018timnas belgia
Prediksi Prancis vs Belgia: Uji Kedalaman Skuat Les Bleus
Para pemain Prancis melakoni sesi latihan jelang menghadapi Belgia (Foto: AFP/Gabriel Bouys)

Jakarta: Tim nasional Belgia sedang dalam kepercayaan diri tinggi jelang menghadapi Prancis pada semifinal Piala Dunia 2018, Rabu 11 Juli dini hari. Mereka mungkin optimistis bisa meneruskan kisah hebat pada saat bersua Prancis. Seperti ketika menyingkirkan Brasil pada perempat final pekan lalu.

Belgia memang secara mengejutkan tampil impresif saat menghadapi Brasil di babak perempat final, Sabtu 7 Juli. Pada laga tersebut, tim besutan Roberto Martinez tersebut mengalahkan Selecao dengan skor 2-1.

Kemenangan tersebut juga sekaligus melengkapi catatan mentereng Belgia selama berjumpa dengan tim-tim besar di Piala Dunia 2018. Sebelumnya, mereka sudah menaklukkan tim besar seperti Inggris dengan skor 1-0 di babak penyisihan grup.

Belgia boleh saja berbangga melihat catatan impresif di Piala Dunia. Namun, mereka patut mengingat bahwa Prancis bukan lawan sembarangan dan tidak boleh disetarakan dengan tim-tim lain.

Baca: Data dan Fakta Menarik Jelang Prancis vs Belgia

Selain punya gaya berbeda dengan Inggris dan Brasil, Prancis punya statistik oke selama Piala Dunia 2018. Terutama dalam hal pertahanan. Salah satu buktinya adalah Les Bleus baru kebobolan empat gol sejauh ini.

Bahkan, gawang Prancis paling banyak kebobolan saat berhadapan dengan Argentina pada babak 16-besar, Sabtu 30 Juni. Ketika itu, mereka kebobolan tiga gol. Namun, mereka mampu menunjukkan mentalitas dan berhasil menaklukkan Argentina dengan skor 4-3.

Penampilan Prancis menghadapi Argentina sebetulnya bisa jadi acuan buat Belgia bahwa Les Bleus cukup kewalahan saat menghadapi tim yang punya kekuatan bagus dalam menyerang. Namun, mereka perlu menyadari semua akan sia-sia jika tidak didukung dengan pertahanan solid.

Kebetulan pos tersebut masih menjadi sorotan saat ini. Sejauh ini, Belgia sudah kebobolan lima gol. Kelima gol itu terjadi saat menghadapi Tunisia (dua gol), Jepang (dua gol), dan Brasil (1 gol).

Penampilan lini belakang Belgia saat menghadapi Jepang menjadi paling disorot. Saat itu, Red Devils kebobolan dua gol terlebih dahulu. Beruntung, tim besutan Martinez itu bisa mengembalikan keadaaan menjadi 3-2.

Tentu, Belgia tidak bisa mengharapkan untuk mengulang kisah itu andai melawan Prancis. Mengingat, Prancis punya kekuatan pertahanan dan serangan yang seimbang. 

Baca: Ambisi Besar Belgia Juara Piala Dunia

Apalagi, pemain-pemain andalan mereka di seluruh lini dalam kondisi fit. Di antaranya adalah Olivier Giroud, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, N'Golo Kante, Paul Pogba, Samuel Umtiti, Raphael Varane, dan Hugo Lloris.

Namun, Prancis juga patut waspada dengan Belgia. Mereka juga dalam kondisi baik karena sejumlah pemain andalan mereka seperti Romelu Lukaku, Kevin de Bruyne, dan Eden Hazard juga sedang fit.

Catatan Pertemuan Memihak Belgia
Ini akan menjadi pertemuan ke-74 antara Belgia dan Prancis di semua ajang. Red Devils memegang kemenangan lebih banyak yaitu 30 kali, sementara 24 untuk Les Bleus. 

Meski minim kemenangan, Prancis punya hasil lebih baik. Dalam 24 kemenangan itu, mereka pernah memenangkan laga melawan Belgia di Piala Dunia 1938 dan 1986.

Prakiraan Susunan Pemain Kedua Tim:

Prancis: Hugo Lloris, Lucas Hernandez, Samuel Umtiti, Raphael Varane, Benjamin Pavard, Paul Pogba, N'Golo Kante, Blaise Matuidi, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Olivier Giroud.

Belgia: Thibaut Courtois, Nacer Chadli, Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Marouane Fellaini, Axel Witsel, Mousa Dembele, Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne, Eden Hazard.

Enam Pertemuan Terakhir Kedua Tim:

8/6/2015: Prancis 3-4 Belgia
15/8/2013: Belgia 0-0 Prancis
16/11/2011: Prancis 0-0 Belgia
19/2/2004: Belgia 0-2 Prancis
19/5/2002: Prancis 1-2 Belgia
27/5/1998: Prancis 1-0 Belgia


Prediksi Medcom.id: Prancis (55) - (45) Belgia


Video: Menyusuri Keindahan Kota Terindah di Dunia, St. Petersburg, #SalamdariRusia

 


(FIR)


Video /