Sejarah Piala Dunia

Piala Dunia 1966: Inggris Berjaya di Tanah Sendiri

M. Rizky Adhestian    •    08 Juni 2018 23:22 WIB
piala dunia
Piala Dunia 1966: Inggris Berjaya di Tanah Sendiri
Kapten Inggris 1966, Sir Bobby Moore, mengangkat Piala Dunia (Foto: FIFA.com)

Piala Dunia 1966 atau gelaran Piala Dunia ke-6 menjadi saksi kekuatan The Three Lions Inggris sebagai tuan rumah. Skuat negara yang mempopulerkan sepak bola itu memetik gelar juara dunia untuk pertama kalinya usai mengalahkan Jerman Barat 4-2 di partai final.

Inggris resmi dipilih sebagai tuan rumah oleh FIFA pada 22 Agustus 1960 di Roma, Italia. Negara dengan ibukota London itu mengalahkan kandidat kuat lainnya, Jerman Barat dan Spanyol.

Piala Dunia kali ini tanpa kehadiran tim dari negara Afrika. Sebanyak 31 negara Afrika memboikot turnamen tersebut sebagai bentuk protes peraturan FIFA di tahun 1964, yang dinilai menyulitkan negara Afrika dan Asia dalam babak kualifikasi Piala Dunia.

Pada saat itu, tercatat hanya 16 negara yang menjadi peserta turnamen. Ada 10 negara dari benua Eropa, lima dari Amerika, dan satu dari Asia. Meksiko merupakan satu-satunya wakil dari Amerika Utara, begitu juga dengan Korea Utara dari Asia.

Format turnamen masih sama seperti Piala Dunia Cile 1962, yaitu 16 tim yang lolos dibagi ke dalam empat grup. Setelah itu delapan negara yang lolos fase grup melaju ke fase gugur seperti biasa.

Baca juga: Piala Dunia 1930: Ragam Cerita dan Kontroversi di Hajatan Pertama

Inggris saat itu keluar sebagai juara Grup 1, diikuti Uruguay sebagai runner-up. Sir Bobby Charlton cs melaju ke babak knock out tanpa menelan satu kekalahan pun, dan hanya sekali imbang.

Di babak delapan besar, Inggris bertemu runner-up Grup 2 Argentina. Mereka menang tipis 1-0 berkat gol Sir Geoff Hurst. Di semifinal, Portugal menjadi tantangan selanjutnya. Inggris masih mampu menang 2-1 berkat sepasang gol Bobby Charlton.

Final Piala Dunia 1966 akhirnya mempertemukan Inggris dengan pesaing beratnya, Jerman Barat. Stadion Wembley di Kota London menjadi panggung duel panas duo raksasa Eropa tersebut. 

Pertandingan yang dihelat pada 30 Juli 1966 itu dihadiri lebih dari 96 ribu penggila sepak bola. Wasit asal Swiss Gottfried Dienst diberi mandat memimpin laga final.

Butuh waktu kurang dari 13 menit bagi Jerman Barat untuk membuka keunggulan lewat gol Helmut Haller. Namun, Inggris mampu menyamakan empat menit berselang lewat Geoff Hurst.

Gelar juara dunia seakan sudah di depan mata bagi Inggris setelah Martin Peters membuat mereka unggul 2-1 di menit 78. Gol itu tidak mendapat balasan hingga laga tersisa satu menit. Namun, rencana tidak semulus itu.

Jerman Barat mendapat hadiah penalti setelah wasit mendeteksi adanya pelanggaran handball oleh pemain Inggris di kotak terlarang saat terjadi kemelut. Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Wolfgang Weber. Kedudukan 2-2 memaksa adanya tambahan waktu.

Di menit 98, gol ketiga Inggris kembali datang dari Hurst. Namun, gol tersebut menyisakan perdebatan panjang, karena dianggap tidak jelas apakah sudah melewati garis gawang atau belum. Hurst kemudian menutup kemenangan Inggris dengan gol ketiganya di menit ke-120.

Inggris secara resmi menjadi juara dunia FIFA 1966 dan mengangkat trofi emas Piala Dunia FIFA. Saat itu, trofi masih memakai nama Julies Rimet Trophy. 

Fakta Menarik Piala Dunia 1966:

- Piala Dunia 1966 menjadi saksi kali pertama Inggris meraih gelar juara sebagai negara yang disinyalir tempat lahirnya sepak bola.

- Inggris menjadi negara ketiga sebagai tuan rumah yang berhasil juara. Sebelumnya ada Uruguay pada 1930 dan Italia pada 1934.

- Final Piala Dunia 1966 adalah yang terakhir disiarkan secara resmi dengan format televisi hitam putih.

- Piala Dunia 1966 menjadi turnamen pertama bagi Portugal dan Korea Utara.

- Sir Geoff Hurst menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick atau tiga gol di final Piala Dunia.

Video: Media Center Piala Dunia 2018 di Moskow Resmi Dibuka
 


(RIZ)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /