Jelang Prancis vs Belgia

Kilas Balik: Prancis Bekap Belgia untuk Hadiah Hiburan

M. Rizky Adhestian    •    10 Juli 2018 12:44 WIB
piala dunia 2018
Kilas Balik: Prancis Bekap Belgia untuk Hadiah Hiburan
Belgia vs Prancis 1986 (Foto: Sportskeeda)

Puebla: Pertemuan terakhir Prancis dan Belgia di Piala Dunia terjadi pada 1986. Tim Ayam Jantan mengalahkan Belgia 4-2 untuk mengklaim juara ketiga pada turnamen yang digelar di Meksiko tersebut.

Prancis harus mengalah dari Jerman Barat pada babak semifinal. Padahal, pada perempat final mereka menyingkirkan tuan rumah Meksiko lewat adu penalti setelah bermain imbang 0-0.

Dua gol dari Andreas Brehme dan Rudolf Voller tak mampu dibalas satu gol pun oleh Michel Platini cs. Alhasil, Prancis hanya bisa memperjuangkan hadiah hiburan tempat ketiga.

Baca: Data dan Fakta Menarik Jelang Prancis vs Belgia

Derita yang dialami Belgia pada semifinal mirip dengan Prancis. Jan Ceulemans cs takluk dua gol tanpa balas oleh Argentina yang pada akhirnya menyabet gelar juara di final. Dua gol tersebut dicetak legenda Tim Tango, Diego Armando Maradona.

Duel perebutan juara ketiga antara Belgia dan Prancis digelar tepatnya pada 28 Juni 1986 di Estadio Cuauhtemoc, kota Puebla. Wasit asal Inggris, George Courtney, mendapat amanah untuk memimpin laga tersebut.

Pada laga tersebut, Belgia lebih dulu menunjukkan tanda-tanda kemenangan. Gol cantik Jan Ceulemans dari proses ala tiki-taka mampu menjebol gawang Albert Rust pada menit 11.

Akan tetapi, Prancis mampu membalikkan keunggulan sebelum berakhirnya babak pertama. Gol Jean-Marc Ferreri pada menit 27 dan Jean-Pierre Papin menit 43 membuat Prancis memimpin 2-1 saat turun minum.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Semifinal Piala Dunia: Prancis vs Belgia

Kemenangan Prancis hampir di depan mata sampai striker Belgia, Nico Claesen, membuat gol penyama kedudukan pada menit 73. Alhasil, Belgia mampu memaksa Prancis bermain babak tambahan dengan kedudukan sementara 2-2.

Prancis terlalu tangguh bagi Belgia pada babak tambahan. Les Bleus bahkan membuat dua gol penutup kemenangan pada paruh pertama perpanjangan waktu.

Kedua negara akan kembali bertemu pada semifinal Piala Dunia 2018 Rabu 11 Juli dini hari WIB nanti. Kali ini, bukan hadiah hiburan yang diperebutkan, melainkan tiket menuju hadiah utama.

Baik Prancis maupun Belgia datang dengan generasi emas yang hampir seimbang. Dari lini ke lini, terdapat pemain-pemain yang bermain di klub-klub besar Eropa.

Duel Eden Hazard dan Antoine Griezmann misalnya, akan sangat ditunggu. Sejauh ini, keduanya mempunyai statistik yang hampir setara, terutama dalam keterlibatan gol dari negara masing-masing di Piala Dunia 2018.

Menyusuri Keindahan Kota Terindah di Dunia, St. Petersburg, #SalamdariRusia



(ASM)


Video /