Rusia vs Arab Saudi

Fakta Menarik di Balik Kemenangan Rusia di Laga Pembuka Piala Dunia 2018

Patrick Pinaria    •    15 Juni 2018 01:08 WIB
piala dunia 2018timnas rusiaTimnas Arab Saudi
Fakta Menarik di Balik Kemenangan Rusia di Laga Pembuka Piala Dunia 2018
Timnas Rusia saat melakoni sesi foto sebelum menghadapi Arab Saudi (Foto: AFP/Juan Mabromata)

Jakarta: Rusia berhasil mengawali Piala Dunia 2018 dengan hasil impresif. Dalam laga perdana penyisihan Grup A, Kamis 14 Juni, tim berjuluk Sbornaya itu berhasil meraih kemenangan atas Arab Saudi dengan skor telak 5-0.

Denis Cheryshev menjadi bintang kemenangan bagi Rusia. Ia sukses menyumbang dua gol pada laga tersebut.

Baca: Rusia Berpesta Gol di Laga Perdana

Hasil tersebut lantas membuat Rusia naik ke puncak klasemen sementara Grup A dengan mengoleksi tiga poin. Mereka unggul tiga poin dari tiga tim di bawah mereka, seperti Uruguay, Mesir, dan Arab Saudi.

Dengan kemenangan ini pula Rusia berhasil melanjutkan tradisi positif tim tuan rumah di laga pembuka Piala Dunia 2018. Sejauh ini, belum ada tim yang menjadi tuan rumah menelan kekalahan di laga pembuka Piala Dunia sejak edisi pertama pada 1930.

Selain catatan di atas, masih banyak fakta menarik lainnya di balik kemenangan Rusia atas Arab Saudi. Berikut di antaranya yang dihimpun Medcom.id:

- Yuri Gazinsky sukses mencetak gol pembuka bagi Rusia pada laga tersebut. Hebatnya, gol tersebut merupakan hasil dari tembakan mengarah ke gawang pertama yang tercatat di Piala Dunia 2018. Sebelumnya, catatan tersebut dicetak oleh mantan bek timnas Jerman Philipp Lahm pada Piala Dunia 2006.

- Cheryshev menjadi pemain pengganti pertama yang berhasil mencetak gol di laga pembuka Piala Dunia.

- Dzyuba hanya butuh 89 detik untuk mencetak gol setelah masuk sebagai pemain pengganti di pertandingan. Ini merupakan waktu tercepat yang dicetak pemain pengganti di Piala Dunia sejak 2002. Terakhir kali, catatan waktu gol tercepat itu dicatatkan oleh Marcin Zewlakow, yakni 64 detik.

- Rusia untuk pertama kalinya mencetak lebih dari tiga gol di Piala Dunia sejak 24 tahun silam. Terakhir kali, mereka mencetak lebih dari tiga gol saat menghadapi Kamerun pada Piala Dunia 1994. Saat itu, mereka menang dengan skor 6-1.

- Rusia menjadi tim tuan rumah kedua yang berhasil meraih kemenangan besar di laga pembuka Piala Dunia. Sejauh ini, rekor kemenangan besar masih dipegang Italia pada Piala Dunia 1934. Ketika itu, mereka berhasil mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 7-1.


Video: Football for Friendship Tekankan Pentingnya 9 Nilai Dasar Kehidupan

 


(PAT)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

2 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /