Kroasia ke Final

Fakta yang Mengiringi Kekalahan Inggris atas Kroasia

A. Firdaus    •    12 Juli 2018 05:53 WIB
piala dunia 2018
Fakta yang Mengiringi Kekalahan Inggris atas Kroasia
Ekspresi Mario Mandzukic saat menceploskan bola ke gawang Inggris (Foto: AFP)

Moskow: Kroasia untuk pertama kalinya lolos ke final Piala Dunia 2018. Tim berjuluk Vatreni ini menjungkalkan Inggris dengan skor 2-1 pada semifinal yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Kamis 12 Juli dini hari WIB.

Kemenangan yang diraih Kroasia sangat dramatis, karena Luka Modric dan kawan-kawan tertinggal lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh Kieran Trippier ketika laga baru berjalan lima menit.

Hebatnya, skuat asuhan Zlatko Dalic mampu bangkit dengan mencetak dua gol balasan. Dua gol itu masing-masing diciptakan Ivan Perisic menit ke-68 dan Mario Mandzukic pada menit ke-109 (perpanjangan waktu).

Dengan pencapaian ini, maka Kroasia era Dalic mampu melampaui langkah Davos Suker dan kawan-kawan, yang pada Piala Dunia 1998 mampu mencapai mencapai semifinal.

Klik di sini: Chelsea Siap Bajak Jorginho

Kini mereka berpeluang untuk bisa mengakhiri Piala Dunia 2018 lebih indah, andai mampu mengalahkan Prancis. Lawan Kroasia di final yang sukses menghentikan lima kemenangan beruntun Belgia pada putaran Piala Dunia kali ini.

Berikut data dan fakta menarik saat Kroasia menyingkirkan Inggris:
-Kroasia mencapai final pertama mereka di Piala Dunia setelah menjadi tim pertama di turnamen dalam sejarah Piala Dunia yang lolos usai melewati tiga perpanjangan waktu.

-Ivan Perisic telah mencetak dua gol dalam tiga turnamen besar untuk Kroasia (Piala Dunia 2014, Piala Eropa 2016, dan Piala Dunia 2018).

-Selama tujuh kali, Inggris mampu memimpin hingga paruh waktu dalam fase gugur Piala Dunia. Dari enam sebelumnya, mereka memenangkan lima. Sayang kebiasaan itu gagal ia ulangi.

-Hanya dua pemain Inggris yang mecetak gol melalui tendangan bebas pada fase gugur. Selain Kieran Trippier melawan Kroasia, pada 2006 David Beckham juga melakukan gol yang sama ketika melawan Ekuador.

-Kieran Trippier menjadi bek pertama yang mencetak gol untuk Inggris di semifinal Piala Dunia.

-Tidak ada tim sejak 1966 yang mencetak gol di Piala Dunia melalui servis tendangan bebas hingga sembilan kali, kecuali inggris.

-Inggris untuk keempat kalinya dari lima kali penampilan mereka di semifinal, berakhir dengan kekalahan.

Egy Maulana Berlatih Bersama Timnas U-19



(FIR)