Uruguay vs Prancis

Bintang Laga: Griezmann Motor Penggerak Prancis

Riyan Ferdianto    •    07 Juli 2018 00:21 WIB
piala dunia 2018Bintang Laga Piala Dunia 2018
Bintang Laga: Griezmann Motor Penggerak Prancis
Antoine Griezmann (Foto: AFP/MARTIN BERNETTI)

Jakarta: Antoine Griezmann dinobatkan sebagai pemain terbaik atau man of the match saat Prancis menang 2-0 atas Uruguay pada perempat final Piala Dunia, Jumat 6 Juli 2018. 

Kemenangan itu sekaligus membuat skuat besutan Didier Deschamps lolos ke semifinal. Kini, mereka tinggal menunggu pemenang antara Brasil dan Belgia yang akan menjadi lawan mereka. 

Griezmann tampil impresif pada laga yang berlangsung di Stadion Nizhny Novrogord. Ia sukses memberikan satu assist dan satu gol untuk kemenangan Les Bleus.

Kala itu, lewat tendangan bebas, ia berhasil mengirimkan umpan yang dimanfaatkan dengan baik oleh Raphael Varane untuk membuka keunggulan Prancis pada menit ke-40.

Sementara itu, gol Griezmann yang tercipta pada menit ke-61 memang sedikit berbau keberuntungan. Kiper Uruguay Fernando Muslera melakukan blunder fatal saat mencoba menepis bola yang tepat mengarah kepadanya.

Klik di sini: Blunder Kiper Uruguay, Prancis Melaju ke Semifinal

Blunder Muslera sangat mirip dengan apa yang dilakukan kiper Liverpool Loris Karius pada final Liga Champions musim lalu -gagal menepis tendangan Gareth Bale-.  

Terlepas keberuntungan di atas, Griezmann tak bisa dipungkiri memiliki peran sentral dalam permainan Prancis. Ia mampu memainkan perannya dengan baik sebagai pengatur serangan.

Menurut catatan Whoscored, Griezmann adalah pemain paling menonjol. Ia bahkan mendapatkan rating 9,0. Lebih baik dari Varane yang mendapatkan rating 8,4.

Selama bermain di lapangan sebeum digantikan pada masa injury time babak kedua, Griezmann tercatat melepaskan dua tembakan dan 81 kali menyentuh bola. 

Catatan Griezmann dalam melepaskan umpan sukses pada laga tersebut juga terbilang impresif. Masih menurut sumber yang sama, akurasi passing akuratnya mencapai 77.6 persen.

Sejauh ini, Griezmann sudah mencatatkan 58 penampilan bersama timnas Prancis. Golnya ke gawang Uruguay menjadi gol ketiganya di Piala Dunia 2018 atau gol ke-22 selama ia membela Tim Ayam Jantan.

Berikut statistik Antonie Griezmann saat menghadapi Uruguay seperti dilansir Whoscored:

Rating: 9.04
Total Tembakan: 2
On Target: 1
Setuhan Bola: 81
Total Passing: 58
Akurasi Passing: 77.6 %
Melakukan Tackle: 5
Dribel Sukses:

Video: Intip Sibur Arena Stadion Tercantik di Rusia, #SalamdariRusia



(ACF)


Video /