Brasil vs Belgia

Fakta Menarik yang Mengiringi Tersingkirnya Brasil di Piala Dunia 2018

Abdul Halim Ahmad, A. Firdaus    •    07 Juli 2018 04:08 WIB
piala dunia 2018
Fakta Menarik yang Mengiringi Tersingkirnya Brasil di Piala Dunia 2018
Timnas Brasil angkat koper dari Rusia (Foto: Squawka)

Kazan: Belgia belum tersentuh dalam perjalanan mereka di Piala Dunia 2018 Rusia. Bahkan tim sekelas Brasil pun yang memiliki deretan pemain bintang, ikut-ikutan menjadi korban generasi emas Belgia.

Menghadapi Brasil, Roberto Martinez memainkan komposisi pemain yang berbeda ketika saat melawan Jepang. Di antaranya memainkan Marouane Fellaini dan Nacer Chadli sejak awal laga.

Hasilnya, cukup menggembirakan. Permainan kolektivitas Belgia mampu meredam strategi Brasil yang menekan sejak awal laga.

Tak hanya itu, Belgia bermain efektif untuk urusan mencetak gol. Salah satunya ketika gol yang dilesakan Kevin De Bruyne yang membuat keadaan menjadi 2-0 untuk keunggulan mereka di babak pertama.

Di interval kedua, meski Brasil mampu mencetak gol ketertinggalan, toh Belgia tetap bermain tenang sambil menunda ajakan Brasil yang ingin bermain dalam tempo tinggi. Akhirnya, skor 2-1 menjadi hasil akhir pada laga yang berlangsung di Kazan Arena itu.

Berikut beberapa fakta yang mengiringi kemenangan Belgia atas Brasil
-Salah satu kemenangan Belgia atas Brasil tak lepas dari peran penjaga gawang Thibaut Courtois. Tercatat ia mampu melakukan sembilan penyelamatan saat menghadapi Brasil.

-Vinceny Kompany menjadi satu-satunya pemain yang lahir sebelum Belgia mencapai empat besar terakhir kalinya pada Piala Dunia 1986.

-Tim dari Benua Eropa selalu menjadi mimpi buruk Brasil. Dalam empat keikutsertaan mereka di Piala Dunia, Tim Samba selalu gugur di tangan tim Eropa.

-Belgia telah mencetak 13 gol di Piala Dunia kali ini.

-De Bruyne menjadi pemain ke-100 yang mencetak gol di Piala Dunia ini (tidak termasuk gol bunuh diri).

-Fernandinho menjadi pemain ke-11 yang mencetak gol bunuh diri di Piala Dunia kali ini.

Intip Sibur Arena Stadion Tercantik di Rusia



(FIR)


Video /