Piala Dunia 2018

Deretan Rekor yang Siap Pecah di Piala Dunia 2018

Rendy Renuki H    •    12 Juni 2018 21:53 WIB
piala dunia 2018
Deretan Rekor yang Siap Pecah di Piala Dunia 2018
Lionel Messi siap memecahkan rekor Diego Armando Maradona di Piala Dunia 2018 (AFP PHOTO / JUAN MABROMATA)

Jakarta: Gelaran Piala Dunia 2018 Rusia tinggal hitungan hari saja. Sejumlah rekor yang sempat tercipta pun siap dipecahkan pada turnamen Piala Dunia ke-21 sepanjang sejarah.

Sejak pertama kali digelar pada 1930 di Uruguay, ajang supremasi tertinggi sepak bola ini terus mencetak tinta emas. Mulai dari Brasil yang masih mempertahankan rekor 13 pertandingan tak terkalahkan, hingga penampil tertua yang masih dipegang kiper Kolombia Faryd Mondragon.

Namun, sederet rekor yang pernah tercipta di Piala Dunia berpeluang dipecahkan di Rusia. Pasalnya beberapa tim dan individu sedang dalam momentum tepat mencetak sejarah baru di Piala Dunia.

Berikut diantaranya yang telah dirangkung Medcom.id:

1. Rekor usia tertua dua pelatih dalam satu laga

Piala Dunia 2010 mencetak rekor usia tertua dua pelatih dalam satu laga, yakni 133 tahun sembilan bulan saat Yunani bertemu Nigeria di penyisihan Grup B. Usia tersebut penggabungan antara pelatih Yunani Otto Rehhagel (71 tahun saat itu) dan pelatih Nigeria Lars Lagerback (62 tahun).

Namun, rekor itu berpeluang dipecahkan pada Piala Dunia 2018 jika Portugal bertemu Uruguay di babak 16-besar. Pertandingan itu akan membuat rekor baru usia tertua dua pelatih dalam satu laga, yakni 135 tahun tiga bulan. Penggabungan usia pelatih Uruguay Oscar Tabarez (71 tahun) dan pelatih Portugal Fernando Santos (63 tahun).

2. Rekor penampilan tertua Mondragon

Sepanjang sejarah Piala Dunia, rekor penampilan tertua masih dipegang Faryd Mondragon. Kiper Kolombia itu tercatat tampil di Piala Dunia 2014 Brasil dengan usia 43 tahun tiga hari. Mematahkan rekor Roger Milla (Kamerun) sebagai pemain tertua pada Piala Dunia 1994 dengan usia 42 tahun.

Klik: Piala Dunia 2018 Mungkin Milik Eropa Lagi


Namun, rekor itu berpeluang besar dipatahkan oleh penggawa Mesir, Essam El-Harady. Jika diturunkan pada laga perdana Grup A kontra Uruguay Jumat 15 Juli besok, El Harady akan memegang rekor baru penampilan tertua dengan usia 45 tahun lima bulan.

3. Rekor 13 laga tak terkalahkan Brasil

Timnas Brasil memegang rekor 13 pertandingan tak terkalahkan di Piala Dunia. Itu terjadi antara Piala Dunia 1958 di Swedia, hingga Piala Dunia 1966 di Inggris.

Namun rekor itu berpeluang dipecahkan Jerman di Piala Dunia 2018 ini. Pasalnya, tim Panser telah mengantongi delapan pertandingan tak terkalahkan sejak terakhir menelan kekalahan dari Spanyol di semifinal Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

4. Rekor enam gol sebagai kapten milik Maradona

Diego Armando Maradona memegang rekor pengoleksi enam gol dengan berstatus sebagai kapten Timnas Argentina. Namun, rekor itu berpeluang dipecahkan Lionel Messi yang kini menyandang status kapten Albiceleste.

Bintang Barcelona itu tinggal membutuhkan tiga gol saja di ajang Piala Dunia 2018 ini untuk bisa mematahkan rekor Maradona.

5. Rekor lima gol Miroslav Klose

Mantan striker Jerman Miroslav Klose memegang rekor mencetak lima gol dari empat edisi Piala Dunia yang diikutinya. Klose mencetak lima gol pada Piala Dunia 2002 dan 2006.

Namun, rekor itu berpeluang dipecahkan kompatriotnya, Thomas Mueller. Pemain Bayern Muenchen itu telah menyamai rekor Klose dengan mencetak lima gol pada Piala Dunia 2010 dan 2014, dan kini berpeluang menjadi pemain pertama yang mampu mencetak lima gol dari tiga edisi Piala Dunia berbeda.

6. Rekor memenangi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih

Mario Zagallo (Brasil) dan Franz Beckenbauer adalah dua sosok yang mampu memenangi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Zagallo memenangi Piala Dunia 1958 dan 1962 sebagai pemain dan Piala Dunia 1970 sebagai pelatih, sedangkan Beckenbauer memenangi Piala Dunia sebagai pemain pada 1974 dan sebagai pelatih pada 1990.

Rekor itu pun siap disamakan oleh Didier Deschamps bersama Timnas Prancis. Mantan gelandang Juventus itu memenangi Piala Dunia sebagai pemain pada 1998 silam. Tentu Piala Dunia 2018 Rusia ini akan menjadi kesempatannya memenangi dengan berstatus sebagai pelatih.

 


(REN)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

2 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /