Timnas Argentina

2018, Piala Dunia Terakhir untuk Messi?

A. Firdaus    •    10 Juni 2018 23:15 WIB
piala dunia 2018
2018, Piala Dunia Terakhir untuk Messi?
Lionel Messi (Foto: @Argentina)

Moskow: Lionel Messi mulai mempertimbangkan akan pensiun untuk selamanya dari tim nasional Argentina. Terutama jika ia gagal membawa Albiceleste meraih juara Piala Dunia 2018.

Messi memang pernah menyatakan 'pensiun sebentar' dari Argentina, setelah kegagalan beruntun di tiga final turnamen besar. Kegagalan dimulai pada Piala Dunia 2014. Di final, Argentina takluk atas Jerman lewat gol semata wayang Mario Goetze.

Nasib kurang beruntung didapat Messi ketika membela Argentina pada Copa America 2015 dan Copa America Centenario 2016. Sempat bermain di dua final beruntun, upaya Messi mempersembahkan gelar juara untuk negaranya sirna setelah dua kali kalah dari Cile.

Klik di sini: Timnas Inggris Bermukim di Pedesaan Selama Piala Dunia

Kritikan pun datang menerpa Messi dari pers lokal lantaran belum mempersembahkan satu gelar pun untuk Argentina sejak menjalani debut pada 2005. Kritikan itu juga mendasari superstar Barcelona untuk mempertimbangkan pensiun dari timnas. Ia merasa tak dihargai oleh media di negaranya sendiri.

"Saya tidak tahu. Itu akan tergantung bagaimana kami melakukannya di Piala Dunia kali ini, bagaimana itu berakhir," ujar Messi kepada Sport.

"Kenyataan kami kalah di tiga final. Sekarang telah menyebabkan beberapa momen rumit dengan pers Argentina, karena perbedaan dalam melihat apa artinya mencapai final," terangnya.

Klik di sini: Guardiola Takkan Mau Melatih Barcelona Lagi

"Itu tidak mudah dan mencapai tiga final juga harus dihargai. Memang benar bahwa memenangkan kejuaraan itu penting, tetapi untuk bisa mencapai ke sana tidaklah mudah," lanjut La Pulga.

Messi masih punya peluang untuk membungkam pers negaranya sekaligus mempersembahkan trofi Piala Dunia untuk Argentina. Meski pada fase knock out nanti Argentina bakal bertemu lawan-lawan berat seperti Brasil, Jerman, Spanyol, Prancis, dan Belgia. Tapi pemain berusia 30 tahun itu bersikeras kalau pasukan Jorge Sampaoli tidak perlu takut di Rusia.

"Ada banyak pemain yang sangat bagus tetapi kami juga memiliki pemain berkualitas yang diinginkan tim nasional mana pun. Kami tidak iri pada siapa pun," tambah sang kapten.

Argentina memulai turnamen Piala Dunia mereka dengan melawan Islandia di Moskow pada 16 Juni, sebelum bentrokan dengan kontestan Grup D lainya yaitu Kroasia dan Nigeria.

Otkritie Arena Menjadi Stadion Paling Modern di Moskow



(FIR)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /