Piala Dunia 2018

Peran Psikolog di Balik Kesuksesan Inggris dan Swedia

Gregorius Gelino    •    07 Juli 2018 19:35 WIB
piala dunia 2018
Peran Psikolog di Balik Kesuksesan Inggris dan Swedia
Pemain Inggris seusai memenangi adu penalti kontra Kolombia (Foto: AFP/ALEXANDER NEMENOV)

Samara: Jelang duel perempat final Piala Dunia antara Inggris dan Swedia, ada hal unik yang dimliki kedua tim. Kedua negara ini menggunakan jasa psikolog untuk membantu mereka mengarungi turnamen sepak bola terbesar di dunia ini.

Keberhasilan Inggris untuk pertama kalinya memenangi babak adu penalti setelah selalu gagal, baik di Piala Eropa atau Piala Dunia edisi sebelumnya, tidak lepas dari peran psikolog Pippa Grange. The Three Lions seperti kita ketahui memenangi adu penalti saat bersua Kolombia di ababk 16 besar, Rabu 4 Juli dini hari WIB.

Grange akan duduk dengan para pemain secara individu dan mereka akan menceritakan harapan, ketakutan, dan gaya hidup mereka. 

Dia juga membantu pemain Inggris dalam menghadapi penalti dengan cara memvisualisasikan kesuksesan mengeksekusi penalti dan bagaimana mereka dapat menghadapi tekanan ketika berjalan dari tengah lapangan menuju titik putih. 

Sementara itu, Swedia juga menuai sukses karena kebersamaan dan kesatuan tim. Kebersamaan dan kesatuan tim Swedia berkat andil psikolog Daniel Ekvall. Ekvall akan duduk bersama dengan para pemain secara berkelompok dan secara indvidu. 

Dari situ ia akan membantu para punggawa Swedia untuk membentuk mental bertanding sesuai keinginan mereka. 

Peran psikolog ini pun diakui oleh kedua pelatih kesebelasan masing-masing. Gareth Southgate dan Janne Andersson membicarakan pentingnya kekuatan mental untuk menghadapi pertandingan. Terlebih lagi dalam Piala Dunia tidak terdapat banyak waktu untuk memulihkan fisik sehingga kekuatan mental mutlak diperlukan. (Mirror)

 


(KRS)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

4 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /