Uruguay vs Prancis

Blunder Kiper Uruguay, Prancis Melaju ke Semifinal

Riyan Ferdianto    •    06 Juli 2018 23:13 WIB
timnas prancis
Blunder Kiper Uruguay, Prancis Melaju ke Semifinal
Selebarasi pemain Prancis usai Griezman mencetak gol kedua (AFP PHOTO/MLADEN ANTONOV )

Novgorod: Prancis memastikan diri melaju ke semifinal Piala Dunia 2018. Tiket empat besar diraih Les Bleus usai mengalahkan Uruguay dengan skor meyakinkan 2-0 di Stadion Nizhny Novrogord, Jumat 7 Juli malam WIB. 

Pertandingan kedua tim sejatinya berjalan seimbang di babak pertama. Permainan cepat Uruguay berhasil diimbangi dengan permainan taktis ala Prancis.

Peluang pertama lahir dari Uruguay pada menit keempat melalui Luis Suarez yang menyambut umpan Christian Stuani. Namun pertahanan Prancis masih susah untuk ditembus. 

Tak lama kemudian, giliran Prancis yang mendapat peluang. Antonie Griezmann mencoba peruntungan lewat sepakan kerasnya. Namun masih melenceng dari sasaran. 

Tidak sampai di situ, Kylian Mbappe mencoba memanfaatkan umpan dari Oliver Giroud. Sayang, sundulannya masih melebar jauh di atas gawang Uruguay. 

Gol untuk Prancis akhirnya tercipta pada menit ke-40. Raphael Varane sukses memecah kebuntuhan usai memanfaatkan tendangan bebas Griezmann. Tandukannya tak mampu dijangkau Fernando Muslera. Skor 1-0 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga turun minum. 

Klik di sini: Babak I : Varane Bawa Prancis Ungguli Uruguay

Usai jeda, Prancis yang sudah unggul tidak mengendurkan serangan ke pertahanan Uruguay. Laga baru berjalan dua menit tim asuhan Didier Deschamps langsung mendapat peluang melalui tendangan bebas Antonie Griezmann. Namun bola kiriman pemain Atletico Madrid tersebut masih bisa diamankan oleh Muslera.

Setelah tampil cukup baik sepanjang satu jam laga, Muslera malah melakukan kesalahan fatal di menit ke-61. Mirip seperti kiper Liverpool Lorius Karius yang gagal menghadang tendangan Gareth Bale di final Liga Champions, kali ini tepisan Muslera saat coba menghadang tendangan Griezmann justru masuk ke gawang sendiri.

Blunder Muslera membuat tugas Uruguay kian sulit, lantaran harus mengejar defisit dua gol di sisa sekitar setengah jam laga. Serangan sporadis pun jadi pilihan Suarez dkk untuk menembus rapatnya pertahanan Prancis.

Namun, karena saking sulitnya membongkar pertahanan Varane dan Samuel Umtiti, para pemain Uruguay jadi frustrasi. Permainan keras pun mereka tampilkan. Keadaan ini dimanfaatkan para pemain Prancis untuk mencari pelanggaran demi mengulur waktu. 

Tensi pertandingan pun sempat panas. Beberapa kali, pemain kedua kubu terlibat ketegangan. Mbappe yang sempat berakting kesakitan pun harus mendapatkan kartu kuning karena ulahnya.

Pertandingan tersisa kurang dari lima menit di waktu normal, Uruguay masih kesulitan menembus jala gawang Hugo Lloris. Sedangkan Prancis memilih bermain tempo untuk menjaga keunggulan. Skenario tersebut berjalan lancar di mana Prancis akhirnya berhasil menutup laga dengan kemenangan 2-0.

Dengan hasil ini Prancis memastikan tiket semifinal Piala Dunia 2018. Mereka masih menungu pemenang antara Brasil kontra Belgia untuk menjadi lawan mereka. Kedua tim baru akan bermain dini hari nanti.

Susunan Pemain

Uruguay: Muslera; Gimenez, Caceres, Godin, Laxalt; Nandez, Torreira, Bentancur, Vecino; Suarez, Stuani.

Prancis: Lloris; Pavard, Varane, Umtiti, Hernandez; Pogba, Kante; Mbappe, Griezmann, Tolisso; Giroud.

Video: Intip Sibur Arena Stadion Tercantik di Rusia, #SalamdariRusia
 


(ACF)