Kroasia vs Nigeria

Kroasia Jungkalkan Nigeria

Krisna Octavianus    •    17 Juni 2018 04:21 WIB
piala dunia 2018
Kroasia Jungkalkan Nigeria
Luka Modric (kedua dari kiri) saat dipeluk rekan-rekan seusia mencetak gol. (Foto: FFT)

Kaliningrad: Kroasia berhasil memetik kemenangan dalam laga perdana Piala Dunia 2018 Grup D saat melawan Nigeria, Minggu 17 Juni dini hari WIB. Meski belum tampil istimewa, mereka menang dengan skor 2-0.

Sejak awal laga, kedua tim saling jual beli serangan. Paling terlihat, baik Kroasia maupun Nigeria sama-sama melakukan serangan dari sisi sayap di mana mereka saling mengandalkan kecepatan winger mereka.

Petaka bagi Nigeria hadir pada menit ke-32. Gelandang Oghenakaro Etebo mencetak gol bunuh diri. Hal ini menguntungkan Kroasia yang akhirnya unggul 1-0 sampai babak pertama usai.

Pada babak kedua, Kroasia mulai menerapkan permainan penguasaan bola yang membuat Nigeria sedikit kebingungan mengembangkan permainan. Tercatat, hanya Victor Moses yang sering merepotkan pertahanan Kroasia.

Di sisi lain, penampilan Kroasia sebenarnya tidak istimewa amat dalam laga ini. Mereka berulang kali seperti kebingungan membongkar pertahanan Nigeria yang tampil bagus.

Namun, mereka mendapatkan penalti saat pertandingan memasuki menit ke-71. Mario Mandzukic dijatuhkan bek Nigeria. Luka Modric yang maju sebagai algojo menuntaskan tugasnya dengan baik untuk membawa Kroasia unggul 2-0.

Pada sisa laga, kedua tim sama-sama bernafsu mencetak gol, terutama Nigeria yang tertinggal 0-2. Akan tetapi, setiap peluang yang hadir gagal dimanfaatkan menjadi gol. 

Dengan kemenangan ini, Kroasia untuk sementara menjadi pemuncak klasemen Grup D. Pasalnya, pada pertandingan lain, Argentina dan Islandia hanya mampu bermain imbang 1-1.

Susunan pemain:
Kroasia: Subasic, Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic, Rakitic, Modric, Rebic, Kramaric, Perisic, Mandzukic.

Nigeria: Uzoho, Shehu, Troost-Ekong, Balogun, Idowu, Etebo, Ndidi, Iwobi, Obi Mikel, Moses, Ighalo.

 


(KRS)