Timnas Spanyol

Fernando Hierro Mundur dari Kursi Kepelatihan Spanyol

Krisna Octavianus    •    08 Juli 2018 18:03 WIB
timnas spanyol
Fernando Hierro Mundur dari Kursi Kepelatihan Spanyol
Fernando Hierro saat tiba di Bandara Barajas Adolfo Suarez selepas Spanyol gagal di Piala Dunia 2018 Rusia. (Foto: AFP/OSCAR DEL POZO)

Madrid: PSSI-nya Spanyol, RFEF telah mengumumkan bahwa Fernando Hierro tidak akan melanjutkan jabatan sebagai pelatih kepala Spanyol setelah kegagalan La Furia Roja di Piala Dunia 2018.

Hierro ditunjuk oleh RFEF untuk menukangi Spanyol satu hari setelah pemecatan Julen Lopetegui. Irosnisnya, pemecatan Lopetegui hanya beberapa hari jelang Piala Dunia. Nama terakhir dipecat karena menerima tawaran melatih Real Madrid.

Spanyol memulai kompetisi dengan hasil imbang 3-3 kontra Portugal, kemudian mengalahkan Iran 1-0. Mereka mnejadi juara Grup B setelah hasil imbang 2-2 dengan Maroko.

Mereka kemudian bertemu Rusia di fase 16 besar. Akan tetapi, kalah lewat drama adu penalti.

Dalam sebuah pernyataan, RFEF mengatakan: "Setelah beberapa kilometer berjalan bersama, Federasi Sepak bola Kerajaan Spanyol (RFEF) dan Fernando Hierro mengakhiri hubungan mereka setelah partisipasi Spanyol di Piala Dunia di Rusia berakhir. Pelatih menolak untuk kembali ke negaranya dalam posisi sebelumnya sebagai direktur olahraga RFEF untuk mencari wawasan baru dan melakukan tantangan profesional baru."
 
"Setelah dua kesempatan sebagai direktur olahraga Federasi, yang pertama antara 2007 sampai 2011, bertepatan dengan periode terbaik dari tim nasional, yang memenangi Kejuaraan Eropa 2008 dengan Luis Aragones sebagai pelatih dan Piala Dunia 2010 bersama Vicente del Bosque- dan kedua dari November 2017 hingga sekarang, RFEF ingin berterima kasih kepada Fernando Hierro atas komitmen dan rasa tanggung jawabnya ketika dia memimpin tim nasional dalam situasi yang luar biasa ini, serta dalam pelaksanaan semua tugasnya."
 
"Federasi ingin menyoroti nilai-nilai profesional dan manusia dari seorang atlet luar biasa yang menginginkan keberuntungan terbaik.

"Terima kasih atas segalanya, Fernando!"

Dengan demikian, posisi pelatih Spanyol kini lowong. Nama Albert Celades yang kini melatih timnas Spanyol U-21 dikabarkan akan "naik kelas". (goal.com)

 


(KRS)