Jelang Prancis vs Belgia

Data dan Fakta Menarik Jelang Prancis vs Belgia

M. Rizky Adhestian    •    10 Juli 2018 11:28 WIB
timnas prancispiala dunia 2018timnas belgia
Data dan Fakta Menarik Jelang Prancis vs Belgia
Eden Hazard (kiri) dan Antoine Griezmann (kanan) (Foto: AFP)

Saint-Petersburg: Dua raksasa Eropa siap memperebutkan satu tiket untuk partai final Piala Dunia 2018. Adalah Prancis yang akan beradu taktik dengan Belgia, Rabu 11 Juli dini hari WIB nanti.

Baik Prancis maupun Belgia tidak menemui banyak kesulitan dalam perjalanannya sampai ke babak empat besar. Hal tersebut dapat terlihat saat kedua negara tidak perlu terseret-seret sampai adu penalti pada fase knockout.

Belgia akan sedikit pincang pada laga nanti. Sebab, pemain utamanya di sektor sayap kanan, Thomas Meunier, harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Ia baru bisa bermain lagi pada laga berikutnya, antara final atau perebutan juara ketiga.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Semifinal Piala Dunia: Prancis vs Belgia

Menurut catatan Whoscored, Belgia lebih subur dalam soal produktivitas gol dari Prancis. Belgia mencetak 14 gol dan menyapu bersih kemenangan, sementara Prancis hanya sembilan gol dan sempat meraih satu hasil imbang di fase grup.

Striker Romelu Lukaku menjadi pencetak gol terbanyak Belgia dengan empat gol. Bomber Manchester United itu menduduki urutan kedua perebutan Sepatu Emas Piala Dunia, berjarak dua gol dengan Harry Kane.

Akan tetapi, soal rata-rata penguasaan bola Les Bleus sedikit lebih unggul dari The Red Devils. Prancis punya rata-rata 53,4%, berselisih sedikit dengan Belgia yang mencatatkan 52,5%.

Baca: Jumpa Prancis, Henry akan Galau Jalani Peran di Timnas Belgia

Laga semifinal Piala Dunia 2018 antara Prancis kontra Belgia dini hari nanti masih menyajikan beberapa fakta menarik lainnya. Berikut yang sudah dihimpun oleh tim medcom.id.

Head-to-head

- Ini akan jadi pertemuan ke-74 antarkedua negara. Belgia menang 30 kali, Prancis 24 kali, dan 19 lainnya berakhir imbang.

- Prancis meraih kemenangan pada tiga pertemuan terakhir dengan Belgia pada turnamen major, termasuk dua kali bertemu di Piala Dunia.

- Dalam lima pertemuan terakhir pada laga persahabatan, Belgia lebih unggul dengan meraih dua kemenangan. Prancis hanya meraih satu kemenangan dan dua lainnya berakhir imbang.

Prancis

- Ini akan menjadi semifinal keenam Prancis di Piala Dunia. Mereka kalah di tiga semifinal pertama (1958, 1982, 1986), tapi menang di dua terakhir (1998 dan 2006).

- Tidak dihitung adu penalti, Prancis hanya kalah sekali dalam 13 pertandingan fase knockout di Piala Dunia (Menang 10, Imbang 2). Satu kekalahan tersebut didapat dari Jerman pada perempat final Piala Dunia 2014.

- Antoine Griezmann sudah mencetak tujuh gol dari enam laga knockout di Piala Dunia dan Euro.

Belgia

- Terakhir kali Belgia lolos ke semifinal Piala Dunia adalah pada 1986. Mereka dikalahkan Argentina 0-2.

- Belgia tidak terkalahkan dalam 24 laga terakhir (M 19, I 5) dan menyapu bersih kemenangan di tujuh laga terakhir.

- Torehan 14 gol Belgia sampai semifinal Piala Dunia merupakan yang terbesar sebelum Brasil pada 2002 (15).

- Gol-gol tersebut dicetak dari sembilan pemain berbeda dari Belgia. Jumlah tersebut berselisih dari Italia (2006) dan Prancis (1982) yang punya 10 pencetak gol berbeda di Piala Dunia.

- Romelu Lukaku terlibat langsung dalam 20 gol Belgia pada 13 laga terakhirnya (17 Gol, 3 Assist).

VideoMenyusuri Keindahan Kota Terindah di Dunia, St. Petersburg, #SalamdariRusia



(ASM)


Video /