Jelang Piala Dunia 2018 Rusia

Masalah Keamanan, Uji Coba Israel vs Argentina Dibatalkan

Krisna Octavianus    •    06 Juni 2018 09:52 WIB
piala dunia 2018timnas argentina
Masalah Keamanan, Uji Coba Israel vs Argentina Dibatalkan
Timnas Argentina sedang melakukan latihann di markas Barcelona. (Foto: AFP/PAU BARRENA)

Buenos Aires: Persiapan Argentina untuk Piala Dunia 2018 agak sedikit kacau setelah persahabatan internasional mereka melawan Israel dibatalkan. Pembatalan dilakukan dengan memerhatikan aspek keamanan.

Kedutaan Besar Israel di Argentina mengonfirmasi pembatalan pada Selasa 5 Juni setelah Lionel Messi dan rekan satu timnya dijadwalkan menghadapi Israel di Yerusalem pada Sabtu 9 Juni di tengah kekhawatiran keamanan.

Pembatalan ini berefek buruk pada persiapan Albiceleste. Pasalnya, itu akan menjadi pertandingan pemanasan terakhir Argentina sebelum memulai kiprah mereka di Piala Dunia mereka melawan Islandia pada 16 Juni.

Meskipun tidak ada pengumuman resmi dari Asosiasi Sepak bola Argentina (AFA), kedutaan Israel merilis pernyataan yang berbunyi: "Kedutaan Israel sedih mengumumkan penundaan pertandingan antara tim nasional Israel dan Argentina yang dijadwalkan untuk Sabtu 9 Juni, sebagai pemanasan untuk Piala Dunia."

"Ancaman dan provokasi yang diarahkan pada Lionel Messi, yang secara logis membangkitkan solidaritas rekan-rekannya dan takut bermain dalam laga uji coba tersebut, tidak asing dengan kehidupan sehari-hari penduduk sipil Israel, untuk membuatnya lebih sederhana, telah beberapa kali sasaran kekerasan dan serangan," lanjut pernyataan itu.

"(Laga) persahabatan antara Argentina dan Israel, yang merupakan perayaan ulang tahun ke-70, bukan tentang pertandingan sepak bola. Negara demokratis dan negara majemuk (terdiri dari orang Yahudi, Muslim dan Kristen), akan selalu menantikan kesempatan untuk menerima salah satu dari bintang olahraga Argentina," tutup pernyataan itu.

Sementara itu, striker Argentina Gonzalo Higuain mengatakan kepada ESPN: "Mereka akhirnya melakukan hal yang benar. Sekarang di belakang kami, jelas kesehatan dan akal sehat kami datang lebih dulu. Kami pikir hal yang benar untuk dilakukan adalah tidak pergi."

Sebelumnya, pada Minggu 3 Juni, ketua Federasi sepak bola Palestina, Jibril Rajoub telah mendesak para penggemar untuk membakar foto-foto Messi dan jersi megabintang Barcelona itu jika sampai pertandingan jadi dilaksanakan. Menurut Rajoub, pertandingan Israel vs Argentina sarat muatan politik.

"Federasi mengucapkan terima kasih kepada semua lembaga dan olahraga publik dan olahraga di dunia yang bekerja tanpa lelah pada kemenangan pesan olahraga dan sepak bola pada khususnya untuk menolak menjadikan olahraga sebagai alat di tangan politisi dan pemerasan politik," tulis federasi sepak bola Palestina.

"Federasi sepak bola Palestina memuji para pemain dari tim Argentina yang dipimpin oleh bintang Messi dan para pemain lainnya," tutup pernyataan itu.

 


(KRS)