Kroasia vs Rusia

Fakta yang Mengiringi Kemenangan Kroasia atas Rusia

A. Firdaus    •    08 Juli 2018 08:16 WIB
piala dunia 2018
Fakta yang Mengiringi Kemenangan Kroasia atas Rusia
Aksi Subasic saat menggagalkan algojo penalti Rusia (Foto: Squawka)

Sochi: Drama di Sochi menjadi milik Kroasia. Sementara Rusia hanya akan menjadi penonton dan tuan rumah yang baik dalam sisa penyelenggaraan Piala Dunia 2018 ini.

Kroasia memastikan tiket semifinal, setelah menjungkalkan Rusia dalam drama adu penalti dengan skor 4-3. Sebelumnya kedua tim harus melewati waktu normal dan perpanjangan waktu saat skor 2-2 terpelihara.

Dalam pertandingan tersebut, Kroasia yang sempat tertinggal lewat tendangan jarak jauh Denis Cheryshev. Namun mereka mampu menyamakan kedudukan melali Andrej Kramanic pada menit ke-39. Skor 1-1 berlanjut ke perpanjangan waktu.

Pada babak tersebut, Kroasia mampu berbalik unggul melalui gol Domagoj Vida pada menit ke-101. Tapi sundulan pemain Rusia, Matteo Herhandes memaksa keadaan 2-2 berlanjut ke adu penalti.

Di momen ini, dua penendang Rusia gagal. Sementara dari Kroasia hanya Mateo Kovavic, sehingga mereka berhasil melaju ke semifinal untuk menantang Inggris.

Berikut fakta menarik dari kekalahan Rusia atas Kroasia:
-Kroasia untuk pertama kalinya dalam tiga kesempatan, berhasil menyingkirkan tuan rumah Piala Dunia. Pada dua kesempatan sebelumnya, mereka gagal mengalahkan tuan rumah Prancis (1998) dan Brasil (2014).

-Hanya dua tim yang memenangkan dua penalti dalam satu penyelenggaraan Piala Dunia. Selain Kroasia, juga ada Argentina pada Piala Dunia 1990.

-Danijel Subasic menjadi kiper kedua yang mampu memblok empat tendangan atau lebih dalam adu penalti. Dia menyamai catatan kiper Argentina Sergio Goycochea pada Piala Dunia 1990.

-Rusia menjadi tuan rumah pertama sejak Korea Selatan di 2002 yang mencetak gol pada babak perpanjangan waktu di Piala Dunia.

-Kroasia menjadi negara kedua yang mencetak gol menghadapi tuan rumah pada babak perpanjangan waktu di Piala Dunia. Sebelumnya ada Italia pada Piala Dunia 2006.

Intip Sibur Arena Stadion Tercantik di Rusia, #SalamdariRusia



(FIR)


Video /