Brasil vs Belgia

Singkirkan Brasil, Belgia Tantang Prancis di Semifinal

A. Firdaus    •    07 Juli 2018 03:16 WIB
piala dunia 2018
Singkirkan Brasil, Belgia Tantang Prancis di Semifinal
Momen awal kekalahan Brasil ketika Fernandinho mencetak gol ke gawang timnya sendiri (Foto: @BelRedDevils)

Kazan: Generasi emas Belgia memakan korban. Tak tanggung-tanggung, skuat Roberto Martinez ini mampu menyingkirkan favorit juara Brasil pada perempat final yang berlangsung di Kazan Arena, Sabtu 7 Juli dini hari WIB.

Belgia melakukan start dengan baik. Mereka unggul dua gol pada babak pertama melalui gol bunuh diri Fernandinho (13) dan Kevin De Bruyne (31). Sayang, Tim Samba hanya mampu membalas satu gol melalui pemain pengganti Renato Agusto.

Skor 2-1 untuk kemenangan Belgia yang membuat mereka mengulangi torehan emas Piala Dunia 1986. Di mana ketika itu mereka masuk ke semifinal.

Pada jalannya pertandingan Belgia unggul lebih dulu setelah Fernandinho mencetak gol bunuh diri pada menit ke-13. Gelandang Manchester City itu salah mengantisipasi sepak pojok yang dieksekusi oleh Nacer Chadli.

Tertinggal, Brasil melakukan tekanan lebih besar ke pertahanan Belgia. Tapi justru momen itu menjadi titik balik kelemahan Selecao yang harus kembali kebobolan oleh pasukan Roberto Martinez.

Buktinya pada menit ke-31, lewat serangan balik yang dimotori Romelu Lukaku, Belgia menambah kunggulan mereka menjadi 2-0, setelah Kevin De Bruyne melepaskan bola lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Brasil menambah daya dobrak dengan memasukan Roberto Firmino pada jeda pertandingan. Striker Liverpool itu masuk menggantikan Willian yang tampil di bawah performa terbaiknya.

Momen untuk Brasil memperkecil kedudukan terjadi pada menit ke-56, ketika Gabriel Jesus mendapatkan hadangan keras dari Vincent Kompany di dalam kotak penalti. Tapi wasit Milorad Mazic dari Slovenia tak menganggap itu sebuah penalti.

Brasil kian gencar untuk mengejar ketertinggalan mereka. Sayang tembok kokoh bernama Thibaut Courtois menghadirkan rasa frustrasi skuat Tim Samba.

Beberapa perubahan terus dilakukan Tite, termasuk memainkan Douglas Costa dan Renato Agusto untuk menggantikan Gabriel Jesus dan Paulinho.

Hasilnya cukup efektif, saat Renato Agusto mencetak gol pengecil ketertinggalan Brasil atas Belgia. Tepatnya pada menit ke-76, gelandang Beijing Guoan itu berhasil menyundul bola hasil umpan dari Coutinho. SKor 1-2 masih untuk keunggulan Belgia.

Brasil terus menciptakan kemelut di dalam kotak penalti Belgia, sambil berharap ada 'keajaiban' dari wasit Mazic untuk memberikan penalti. Tapi hingga laga usai, skor 1-2 untuk keunggulan Belgia bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Dengan demikian, Brasil harus angkat koper dari Rusia. Sementara Belgia akan menantang tim kuat Prancis pada semifinal yang berlangsung Rabu 11 Juli mendatang.

Susunan Pemain
Brasil (4-2-3-1):
Alisson; Joao Miranda, Thiago Silva, Fagner, Marcelo; Fernandinho, Paulinho; Coutinho, Willian, Neymar; Gabriel Jesus

Belgia (3-4-3): Courtois; Alderweireld, Kompany, Vertonghen; Meunier, Witsel, Fellaini, Chadli; De Bruyne, Lukaku, Hazard

Intip Sibur Arena Stadion Tercantik di Rusia



(FIR)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

3 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /