Kilas Balik Piala Dunia

Kilas Balik: Brasil Terlalu Kuat buat Belgia

A. Firdaus    •    06 Juli 2018 19:56 WIB
piala dunia 2018
Kilas Balik: Brasil Terlalu Kuat buat Belgia
Momen saat gol Wilmots ke gawang Brasil dianulir wasit (Foto: Sportkeeda)

Kobe: Brasil mampu menuntaskan perlawanan Belgia pada fase 16 besar Piala Dunia 2002. Pada laga yang berlangsung di Noevir Stadium, Tim Samba menang 2-0 atas wakil Eropa tersebut.

Brasil yang dihuni para bintang seperti Ronaldo, Rivaldo, Cafu hingga Roberto Carlos mampu mendominasi laga. Meski begitu, justru Belgia yang tampil tertekan mampu membobol gawang Brasil lebih dulu melalui sundulan Marc Wilmots.

Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit Peter Prendergast asal Afrika Selatan, karena Wilmots yang merangkap sebagai kapten telah lebih dulu melakukan pelanggaran terhadap bek Brasil, Roque Junior.

Lantaran gol tersebut dianulir, skor tanpa gol pun menjadi penutup jalannya babak pertama.

Lepas turun minum, Brasil menggencarkan serangan lewat Ronaldinho. Tapi justru Rivaldo lah yang memecah kebuntuan di balik rapihnya pertahanan Belgia. Sehingga membuka keunggulan Brasil 1-0 atas Belgia.

Klik di sini: Willo Flood Resmi ke Bali United

Tanpa melihat posisi gawang Belgia, Rivaldo yang kala itu masih membela Barcelona melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Sehingga kiper Geert de Vlieger tak mampu menghalau bola yang masuk ke gawangnya.

Gol dari Rivaldo benar-benar meruntuhkan mental sekaligus konsistensi disiplin Belgia di lini pertahanan. Pasalnya, Ronaldo ikut mencatatkan namanya di papan skor setelah melesakan bola pada menit ke-87.

Skor 2-0 bertahan hingga pertandingan usai dan Brasil memastikan diri melaju ke perempat final.

Kemenangan atas Belgia membuka jalan Tim Samba untuk berjaya di Tanah Asia. Sebab hasil positif itu merembet ke laga-laga Brasil selanjutnya.

Buktinya pada perempat final, Brasil mampu mengkandaskan Inggris dengan skor 2-1. Selanjutnya Selecao menghentikan tim kejutan Turki 1-0 pada semifinal. Puncaknya, Selecao memastikan gelar juara usai menundukkan Jerman dengan skor 2-0 di partai puncak.

Meraih gelar Piala Dunia 2002 di Korea-Jepang menambah koleksi trofi Brasil menjadi lima. Sayang hingga perayaan itu digelar, Brasil belum juga menambah gelar Piala Dunia.

Bahkan itu terjadi di kandang mereka sendiri, saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. Langkah Neymar da Silva dan kawan-kawan terhenti di semifinal setelah dipermalukan Jerman 1-7 di Belo Horizonte.

Kini 12 tahun kemudian, Brasil mencoba menanam asa meraih gelar keenam Piala Dunia dengan kembali mengandalkan Neymar yang kali ini ditemani oleh Philippe Coutinho, Marcelo, dan Ederson dalam skuat yang diasuh Tite.

Langkah mereka sudah mencapai perempat final, yang kebetulan lawan dihadapi adalah Belgia. Namun Belgia kini dihiasi oleh generasi emas yang siap menantang sekaligus mengubur asa Tim Samba menggenggam trofi keenamnya di Piala Dunia

Berikut susunan pemain Brasil vs Belgia di Piala Dunia 2002:
Brasil:
Marcos; Lucio, Roberto Carlos, Cafu, Roque Junior; Edmilson, Gilberto Silva, Juninho; Ronaldinho; Rivaldo, Ronaldo

Belgia: De Vlieger; Van Buyten, Van Kerchoven, Peeters, Simons; Goor, Vanderhaeghe, Verheyen, Wilmots; Walem, Mpenza

Keseruan FIFA Fan Fest Moscow, #SalamdariRusia



(ACF)


Video /