Prancis vs Belgia

Sundulan Samuel Umtiti Kirim Prancis ke Final

Krisna Octavianus    •    11 Juli 2018 02:56 WIB
piala dunia 2018
Sundulan Samuel Umtiti Kirim Prancis ke Final
Samuel Umtiti merayakan golnya ke gawang Belgia. (Foto: twitter)

St. Petersburg: Prancis berhasil melaju ke final Piala Dunia 2018. Itu terjadi setelah Les Blues menang tipis 1-0 berkat gol sundulan Samuel Umtiti.

Belgia yang tampil dengan formasi 3-5-2 langsung menekan Prancis. Trio Eden Hazard, Romelu Lukaku, dan Kevin De Bruyne menjadi motor serangan. Red Devils juga berhasil menguasai lini tengah.

Sementara itu, Prancis yang dipaksa bertahan bermain mengandalkan serangan balik. Mereka mengandalkan kecepatan Kylian Mbappe dan penempatan posisi Olivier Giroud.

Namun, selepas setengah jam, Prancis perlahan mulai menemukan ritme mereka untuk melakukan serangan. Tim asuhan Didier Deschamps mulai bisa keluar dari tekanan dan beberapa kali membahayakan gawang Thibaut Courtois.

Kedua tim sama-sama punya peluang bagus untuk mencetak gol.Hanya saja, penampilan spartan dan menghibur kedua tim tidak menghasilkan gol pada babak pertama. Ini tak terlepas dari penampilan kedua kiper, Hugo Lloris dan Thibaut Courtois.

Pada babak kedua, Prancis yang bergantian lebih menekan. Les Blues lebih banyak merepotkan pertahanan Belgia.

Gol yang ditunggu akhirnya tercipta pada menit ke-51. Samuel Umtiti berhasil menanduk umpan Griezmann dari sepak pojok. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Prancis.

Pertandingan berjalan menarik usai gol Umtiti. Belgia keluar menyerang untuk menyamakan kedudukan. Anak asuh Roberto Martinez pun menguasai pertandingan, itu terlihat dari penguasaan bola mereka yang mencapai 61 persen.

Setelah berbagai cara, Belgia tetap gagal mencetak gol penyama kedudukan. Sementara, Prancis mulai memainkan tempo dan lebih banyak mengulur waktu. Skor 1-0 bertahan sampai babak kedua usai dan Prancis berhak melaju ke final setelah 12 tahun.

Susunan pemain:

Belgia: Courtois; Alderweireld, Kompany, Vertonghen; Chadli, Witsel, Fellaini, Dembélé; De Bruyne, Lukaku, E.Hazard. 

Prancis: Lloris; Pavard, Varane, Umtiti, L.Hernandez; Pogba, Kanté, Matuidi; Mbappé, Giroud, Griezmann.

 


(KRS)


Video /