Piala Dunia 2018

Buta Kekuatan Rusia? Ini Pemain Mereka yang Harus Diwaspadai

Rendy Renuki H    •    13 Juni 2018 01:44 WIB
piala dunia 2018timnas rusia
Buta Kekuatan Rusia? Ini Pemain Mereka yang Harus Diwaspadai
Aleksandr Golovin yang menjadi pemain termuda di Timnas Rusia (AFP PHOTO / Ben STANSALL)

Jakarta: Rusia menjadi salah satu tim kuda hitam di ajang Piala Dunia 2018. Menyandang status tersebut, membuat tuan rumah tak terlalu menjadi sorotan di turnamen yang telah memasuki gelaran ke-21 sepanjang sejarah tersebut.

Maklum, sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia sejak 1958, prestasi tertinggi Rusia hanya meraih urutan keempat. Itu pun terjadi pada Piala Dunia 1966 silam saat Inggris menjadi tuan rumah.

Pada Piala Dunia 2018 ini pun, kekuatan Rusia terbilang masih belum banyak diketahui khalayak. Tak adanya pemain berstatus bintang di tim asuhan pelatih Stanislav Salamovic Cherchesov menjadi alasan utamanya.

Klik: Deretan Rekor yang Siap Pecah di Piala Dunia 2018


Terlebih, Rusia jgua tak terlalu difavoritkan di fase Grup A karena masih ada Uruguay yang lebih diunggulkan. Walau bisa dibilang kekuatan Rusia masih unggul tipis dari Mesir dan belum menjadi tandingan sepadan Arab Saudi.

Namun, andai lolos ke fase gugur babak 16-besar, tim lain tentu harus mewaspadai kekuatan skuat Beruang Merah. Apalagi mereka memiliki lima pemain yang bisa membuat Rusia memberikan kejutan pada ajang Piala Dunia di tanah mereka sendiri.

Berikut lima pemain Rusia yang harus diwaspadai di Piala Dunia 2018:

1. Igor Akinfeev (Kiper, 32 tahun)

Kemampuan dan kharisma Akinfeev membuatnya mampu menembus skuat utama Rusia saat masih berusia 18 tahun. Sejak itu, kiper CSKA Moskow tersebut tak tergantikan kerap menjadi kiper utama Rusia sejak 2005 lalu.

Kiper dengan tinggi 185 sentimeter itu total telah bermain bagi tim Beruang Merah sebanyak 102 penampilan. Ia pun kini menyandang ban kapten Rusia usai Vasily Berezutsky pensiun.

2. Sergei Ignashevich (Bek, 38 tahun)

Ignashevich menjadi pemain tertua di skuat Rusia saat ini dan sepanjang sejarah Timnas mereka. Sempat menyatakan pensiun dari Timnas dua tahun lalu, Ignashevich menjawab kembali panggilan Timnas.

Hal itu yang membuatnya menjadi pemain kunci pertahanan Rusia karena pengalaman yang dimilikinya. Bek dengan tinggi 186 sentimeter itu memegang rekor penampil terbanyak bagi Timnas Rusia dengan 122 laga.

3. Aleksandr Golovin (Gelandang, 22 tahun)

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini menjadi anggota termuda dari skuat Rusia di Piala Dunia 2018. Menjadi pemain paling muda tak membuat Golovin ciut. Ia mampu membuktikan dengan kemampuannya di atas lapangan.

Tembakan akuratnya dari jarak jauh maupun di dalam kotak penalti menjadi senjata rahasia pemain CSKA Moskow ini. Membuat dirinya tak pernah terlewat dari susunan tim inti Rusia di Piala Eropa 2016 dan Piala Konfederasi 2017 lalu.

4. Fyodor Smolov (Penyerang, 28 tahun)

Smolov menjadi predator bagi gawang lawan di lini depan Rusia. Pemain tim Liga Rusia, Krasnodar, itu telah mengoleksi total 12 gol sejak mendapat panggilan masuk Timnas Rusia.

Di masa kepemimpinan pelatih Cherchesov, Smolov tampak mulai menemukan bentuk permainan terbaiknya. Dipercayakan mengemban peran striker tunggal, Smolov telah mencetak tujuh gol, termasuk dua gol saat melawan Spanyol di laga uji coba yang berakhir 3-3, 15 November 2017 lalu.

5. Aleksandr Samedov (Gelandang, 33 tahun)

Pemain yang kerap mengisi posisi sayap ini memiliki kecepatan yang tak diragukan walau sudah tidak muda lagi. Samedov kerap mengancam lewat tusukan dari sisi kanan maupun kiri.

Assist yang dilepaskan Samedov kerap membantu rekan setimnya dalam mencetak gol. Terlebih, pemain Spartak Moskow ini pun memiliki kualitas untuk mencetak gol.

 


(REN)