Timnas Brasil

Fernandinho Dapat Serangan Rasial, PSSI-nya Brasil Pasang Badan

Krisna Octavianus    •    08 Juli 2018 23:24 WIB
timnas brasilpiala dunia 2018
Fernandinho Dapat Serangan Rasial, PSSI-<i>nya</i> Brasil Pasang Badan
Fernandinho terdiam usai mencetak gol bunuh diri. (Foto: AFP/ROMAN KRUCHININ)

Rio de Janeiro: Federasi Sepak bola Brasil (CBF) mengeluarkan pernyataan resmi terkait aksi rasial fan Selecao kepada Fernandinho dan keluarganya menyusul kekalahan 1-2 dari Belgia di babak perempat final Piala Dunia.

Pemain Manchester City itu mencetak gol bunuh diri pada babak pertama yang membuat Selecao tertinggal.

Pada Minggu 8 Juli, CBF langsung mengeluarkan pernyataan terkait aksi tak terpuji sejumlah suporter Brasil. Lewat instagram mereka merilis pernyataan yang kuat dalam membela Fernandinho.

Mereka menulis: "CBF menolak serangan rasial yang diderita oleh Fernandinho dan keluarganya.

"Sepak bola mewakili penyatuan warna, genre, budaya, dan orang-orang. Kami bersamamu. Para pendukung aksi rasial tidak akan lolos!"

Beberapa fans Brasil mengatai Fernandinho dengan sebutan 'monyet', sementara beberapa bahkan mengancam akan membunuhnya setelah Brasil kalah.

Istri Fernandinho, Rosa Glaucia, juga tak lolos dari penghinaan. Halaman instagramnya penuh dengan penghinaan. Bahkan, ada yang menulis: "Suami Anda merusak segalanya."

Ibunda Fernandinho bahkan harus menutup akun instagramnya karena tumpukan komentar ofensif yang salah satu unggahannya.

Terkejut oleh pesan rasis, puluhan pengguna internet bergegas membela Fernandinho.

Di situs Mundo Negro, yang memiliki spesialisasi dalam budaya negro, pesan yang diilustrasikan oleh foto Fernandinho menggarisbawahi bahwa "kekalahan Brasil dan gol bunuh dirinya tidak dibenarkan sebagai aksi rasial. Tidak ada yang membenarkan rasial. Kami bersamamu Fernandinho."

Pada Jumat 6 Juli malam waktu setempat, wartawan Globo TV, Glenda Kozlowski sampai menangis di depan kamera ketika berbicara tentang betapa herannya keluarga Fernandinho soal serangan rasial.

Piala Dunia tampaknya tidak "berjodoh" dengan Fernandinho. Pemain berusia 33 tahun itu juga sempat mendapat dikritik keras pada gelaran Piala Dunia 2014, ketika dia ditarik pada babak pertama saat Brasil kalah 1-7 dari Jerman di babak semifinal. (Daily Mail)

 


(KRS)