Diari Piala Dunia

Diari Piala Dunia: Pencetak Hattrick di Final Piala Dunia

Achmad Firdaus    •    10 Juli 2018 08:00 WIB
piala dunia 2018Diari Piala Dunia
Diari Piala Dunia: Pencetak <i>Hattrick</i> di Final Piala Dunia
Geoff Hurst saat mengangkat trofi Piala Dunia 1966 usai mengalahkan Jerman Barat di final (Foto: Telegraph)

Jakarta: Rekor demi rekor terus bermunculan di pentas Piala Dunia sejak pertama kali dipentaskan pada 1930 di Uruguay. Memasuki edisi ke-8 di Inggris pada 1966, striker Inggris, Geoff Hurst mencetak rekor yang bertahan hingga kini.

Hurst mencatatkan rekor sebagai pemain pertama dan satu-satunya --setidaknya hingga kini-- yang sukses mencetak hattrick di babak final Piala Dunia. Rekor itu ia ciptakan saat Inggris menghadapi Jerman Barat di babak final.

Gol pertama Hurst pada pertandingan itu dicetak pada menit ke-18 untuk membalas gol Helmut Haller pada menit ke-12. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.
 

Baca: Benang Merah Jargon It's Coming Home Suporter Inggris


Di babak kedua, Inggris yang sempat berbalik memimpin 2-1 berkat gol Martin Stanford Peters pada menit ke-78, dipaksa menjalani babak extra time usai Wolfgang Weber membuat skor di waktu normal berakhir sama kuat, 2-2.

Dalam babak extra time 2x15 menit, Hurst menunjukkan tajinya. Diawali golnya yang membawa Inggris unggul 3-2 pada extra time babak pertama (menit ke-101), Hurst memastikan gelar Piala Dunia pertama untuk Inggris lewat golnya di penghujung extra time babak kedua (menit ke-120).



Rekor yang ditorehkan Hurst pada edisi ke-8 Piala Dunia belum terpecahkan hingga Piala Dunia sudah merampungkan 20 edisi.

Kini, memasuki Piala Dunia edisi ke-21, rekor Hurst berpotensi terpecahkan. Piala Dunia 2018 Rusia yang saat ini tengah bergulir, telah memasuki babak semifinal di mana empat kontestannya antara lain; Prancis, Belgia, Kroasia dan Inggris.
 

Baca juga: Tiga Faktor yang Bisa Membawa Inggris Juara


Khusus nama terakhir (Inggris), sosok Harry Kane pantas dikedepankan untuk bisa memecahkan rekor seniornya yang sudah bertahan selama 52 tahun. Namun, sebelum bisa berjuang menyamai rekor Hurst, Kane harus terlebih dulu membawa Inggris melewati adangan Kroasia di babak semifinal, Kamis 12 Juli dini hari WIB.

Klik tautan ini https://www.medcom.id/pialadunia/diary untuk tahu lebih banyak terkait hal-hal menarik yang pernah terjadi di Piala Dunia.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Intip Sibur Arena Stadion Tercantik di Rusia, #SalamdariRusia



(ACF)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

4 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /