Jelang Kick Off Piala Dunia 2018

Mengenal Nestor Pitana, Wasit Laga Pembuka Piala Dunia 2018

A. Firdaus    •    13 Juni 2018 16:38 WIB
piala dunia 2018
Mengenal Nestor Pitana, Wasit Laga Pembuka Piala Dunia 2018
Nestor Pitana (Foto: AFP PHOTO / Martin BERNETTI

Moskow: Nestor Pitana telah ditunjuk FIFA untuk memimpin laga pembuka Piala Dunia 2018 antara Rusia menghadapi Arab Saudi, Kamis 14 Juni besok. Pitana merupakan satu dari enam wasit yang berasal dari Amerika Selatan.

Pitana adalah wasit terbaik yang dimiliki Argentina. Ia telah kenyang pengalaman memimpin laga Copa Libertadores, Copa Sudamericana, dan Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONMEBOL.

Piala Dunia 2018 bukan gelaran akbar pertama buat Pitana. Sebelumya di Brasil, Pitana juga pernah memimpin sejumlah pertandingan pada Piala Dunia 2014. Tercatat ada empat laga yang dipimpin olehnya.

Klik di sini: Pemain Incaran Liverpool dan Arsenal Merapat ke Atletico Madrid

Sejauh ini, wasit kelahiran Misiones ini telah memimpin 83 pertandingan internasional. Sepanjang itu, total ia telah mengeluarkan 21 kartu merah.

Pitana juga pernah memimpin salah satu partai yang melibatkan Rusia. Ketika itu tim berjuluk Sbornaya ini berhadapan dengan Korea Selatan pada fase gup Piala Dunia 2014 yang berkesudahan 1-1.
 
Pitana juga merupakan wasit yang tegas. Pria berusia 24 tahun itu sempat menghentikan pertandingan yang melibatkan Boca Junior sebanyak dua kali, karena yel-yel diskriminatif yang dilontarkan para pendukung Boca.

Keputusannya untuk menghentikan laga disambut positif oleh publik. Termasuk dari Lembaga Melawan Diskrimasi dan Rasisme atau INADI.

Kini namanya akan tercatat dalam sejarah dunia sepak bola. Sebab ia akan menjadi wasit pertama yang memimpin laga Piala Dunia dengan menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Statistik Nestor Pitana
Total

Penalti: 17 kali
Kartu merah: 21 kali
Kartu kuning: 391 kali

Rata-rata
Penalti 0.20 per pertandingan
Kartu merah: 0.25 per pertandingan
Kartu kuning: 4.71 per pertandingan

Nestor Pitana Jadi Wasit Pertama yang Dibantu VAR



(FIR)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /