Argentina vs Kroasia

Messi Melempem, Argentina Dibantai Kroasia

Kautsar Halim    •    22 Juni 2018 03:16 WIB
piala dunia 2018
Messi Melempem, Argentina Dibantai Kroasia
Selebrasi gol Luka Modric. (AFP PHOTO / Patrick HERTZOG)

Nizhny: Kroasia tampil beringas saat menghadapi Argentina pada lanjutan fase grup Piala Dunia 2018, Jumat 22 Juni dini hari WIB. Tidak tanggung-tanggung, tim Tango yang diperkuat Lionel Messi, mereka bantai dengan skor, 0-3.

Jalannya pertandingan berlangsung sengit di Stadion Nizhny Novgorod. Argentina yang mampu mengimbangi permainan Kroasia dan sukses mendominasi penguasaan bola malah keteteran saat babak kedua.

Gol pembuka Kroasia dicetak oleh Ante Rebic ketika babak kedua bergulir delapan menit. Prosesnya diawali dengan kesalahan kiper Argentina, Wilfredo Caballero, yang tidak sempurna membuang bola. Rebic pun bisa leluasa melakukan tendangan voli saat melihat bola liar melayang di hadapannya.

Klik: Tekuk Peru, Prancis Melaju Babak 16 Besar

Pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, sudah memasukkan Gonzalo Higuain, Cristian Pavon, dan Paulo Dybala untuk meningkatkan daya serang. Namun, upaya itu hanya menghasilkan sedikit peluang yang tidak bisa diselesaikan dengan baik hingga laga berakhir.

Messi sendiri baru menyumbang peluang emas untuk Argentina pada menit ke-64. Sayang, sepakannya dari sisi gawang masih bisa diblok oleh bek Kroasia, Vida. Usaha megabintang Barcelona itu tetap patut diapresiasi karena dia memang dijaga ketat sejak awal pertandingan.

Statistik laga menyebutkan, Messi tidak pernah menyentuh bola hingga area penalti Kroasia di sepanjang babak pertama. Selain itu, dia juga selalu gagal melancarkan tembakan mengarah ke gawang. 

Alih-alih ingin mengejar ketertinggalan dengan meningkatkan intensitas serangan, Argentina malah kembali kebobolan pada menit ke-80. Saat itu, gol kedua Kroasia berhasil dicetak Luka Modric lewat tendangan dari luar kotak penalti.

Klik: Timnas U-23 Latihan Khusus Jelang Hadapi Korsel

Putus asa karena tertinggal makin jauh, para pemain Argentina jadi tidak disiplin menjaga pertahanan. Kesempatan itu membuat Kroasia bebas melancarkan serangan balik dan menutup kemenangan lewat gol Ivan Rakitic pada menit 90+1. Skor 0-3 untuk kemenangan Kroasia bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Selain mendapat tambahan tiga poin dan memuncaki klasemen sementara Grup C, Kemenangan atas Argentina telah mengantarkan Kroasia melangkah ke babak 16 besar. Sekalipun kalah pada laga terakhir fase grup kontra Islandia, Kroasia tetap menjadi juara grup karena memiliki 6 poin.

Di sisi lain, peluang Argentina untuk lolos ke babak 16 besar tentu semakin kecil. Salah satu cara menjaga asa itu tetap ada hanya dengan menaklukkan Nigeria pada laga pamungkas serta mendoakan Islandia kalah dari Nigeria dan Kroasia. 

Susunan Pemain

Argentina (3-4-3): Caballero; Mercado, Otamendi, Tagliafico; Acuna, Mascherano, Perez (Dybala 68'), Salvio (Pavon 56'); Aguero (Higuain 54'), Messi, Meza

Kroasia (4-2-3-1): Subasic; Vrsaljko, Strinic, Lovren, Vida; Rakitic, Brozovic; Modric, Perisic (Kovacic 82'), Rebic (Kramaric 57'); Mandzukic (Corluka 90')




(KAU)


Video /