Jelang Prancis vs Belgia

Jumpa Prancis, Henry akan Galau Jalani Peran di Timnas Belgia

Patrick Pinaria    •    10 Juli 2018 08:21 WIB
timnas prancispiala dunia 2018
Jumpa Prancis, Henry akan Galau Jalani Peran di Timnas Belgia
Thierry Henry (Foto: AFP/Franck Fife)

Saint-Petersburg: Hugo Lloris yakin asisten pelatih timnas Belgia Thierry Henry akan galau menjalani perannya saat menghadapi Prancis di babak semifinal Piala Dunia 2018, Rabu 11 Juli dini hari WIB. Namun, ia tetap menilai mantan striker Arsenal tersebut merupakan seorang profesional dan akan bekerja semaksimal mungkin untuk The Red Devils.

Pertandingan di babak semifinal Piala Dunia 2018 antara Prancis kontra Belgia pada Rabu 11 Juli dini hari akan menjadi momen emosional bagi Thierry Henry. Maklum, ia akan menghadapi negara yang pernah dibelanya pada laga nanti.

Henry pernah memperkuat timnas Prancis saat masih berkarier sebagai pemain selama 14 tahun (1997--2010). Dalam periode tersebut, ia membuat 123 penampilan dan menyumbang 51 gol untuk Les Bleus.

Baca: Ronaldo Kian Dekat Gabung Juventus

Kontribusinya untuk Prancis dalam menyumbang prestasi juga baik. Ia pernah membantu tim Ayam Jantan itu meraih tiga gelar, di antaranya adalah Piala Dunia 1998, Piala Eropa 2000, dan Piala Konfenderasi 2003.

Namun, setelah memutuskan pensiun sebagai pemain dan melanjutkan karier sebagai pelatih, Henry justru memilih membantu di kepelatihan timnas Belgia. Perannya sebagai asisten pelatih di The Red Devils terbilang sukses. 

Kolaborasinya dengan pelatih utama Roberto Martinez mampu membawa Belgia ke babak semifinal Piala Dunia 2018. Sayangnya, laga semifinal ini justru terasa emosional buat Henry. Mengingat, Belgia akan berduel dengan Prancis pada babak itu.

Baca: Hazard Beri Sinyal untuk Madrid

"Saya cukup beruntung untuk bermain bersama Henry selama dua tahun di Prancis. Ia pemain sangat besar. Memang benar sedikit aneh melihat ia di timnas Belgia. Tetapi, itu adalah pilihan kariernya. Begitulah cara ia belajar untuk melanjutkan karier masa depannya," ujar Lloris.

"Saya pikir hatinya akan galau besok. Bagaimana pun, ia pernah menjadi bagian di timnas Prancis. Tetapi, kami tahu ia seorang yang punya gairah untuk sepak bola. Ia saat ini sudah menjadi bagian di timnas Belgia dan mengerahkan semua kemampuan untuk timnya," lanjutnya.

Henry pernah bermitra dengan Lloris saat masih menjadi pemain selama dua musim di timnas Prancis. Tepatnya pada tahun 2008 hingga 2010. Sayangnya, kolaborasi keduanya tidak mampu memberikan Prancis gelar satu pun. (Sportsmole)


Video: Menyusuri Keindahan Kota Terindah di Dunia, St. Petersburg, #SalamdariRusia

 


(PAT)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

4 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /