Prempat Final Piala Dunia 2018

Fakta Menarik Usai Prancis Tundukan Uruguay

Riyan Ferdianto    •    07 Juli 2018 00:27 WIB
piala dunia 2018
Fakta Menarik Usai Prancis Tundukan Uruguay
Timnas Prancis (Foto: AFP/ KIRILL KUDRYAVTSEV)

Jakarta: Prancis memastikan diri melaju ke semifinal Piala Dunia 2018. Tiket empat besar diraih Les Bleus usai mengalahkan Uruguay dengan skor meyakinkan 2-0 di Stadion Nizhny Novrogord, Jumat 7 Juli malam WIB. 

Bukan kemenangan mudah yang didapat Prancis. Mereka sempat kesulitan membobol gawang Uruguay hingga pertengan babak pertama. 

Prancis baru bisa mencetak gol pada menit ke-40. Saat itu penyerang andalan mereka, Antoine Griezmann sukses memberikan umpan matang dan diteruskan dengan baik oleh Raphaël Varane. 

Uruguay berupaya sekuat tenaga untuk mengejar ketertinggalan di sisa waktu babak kedua. Bukan membuat gol menyeimbang gawang Uruguay kembali kebobolan. 

Klik di sini: Blunder Kiper Uruguay, Prancis Melaju ke Semifinal

Setelah tampil cukup baik sepanjang satu jam laga, Muslera malah melakukan kesalahan fatal di menit ke-61. Mirip seperti kiper Liverpool Lorius Karius yang gagal menghadang tendangan Gareth Bale di final Liga Champions, kali ini tepisan Muslera saat coba menghadang tendangan Griezmann justru masuk ke gawang sendiri.

Prancis mampu membuktikan diri sebagai tim yang punya pertahanan kokoh. Alhasil, gawang Prancis tidak kebobolan lagi meskipun selalu digempur hingga peluit panjang berbunyi.

Berikut fakta-fakta menarik usai Prancis menundukkan uruguay seperti dilansir dari Optajoe: 

- Prancis menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia 2018. Di babak 4 besar mereka akan menanti pemenang antara Brasil dan Belgia.

- Edinson Cavani tak bermain di laga ini karena cedera. Ini untuk pertama kalinya dia dan Luis Suarez tak berpartner sebagai starter Uruguay sejak Maret 2017. Saat itu Uruguay juga kalah 1-4 dari Bras

- Raphael Varane mencetak gol lewat sundulan memanfaatkan umpan dari Griezmann. Bek Real Madrid ini sudah menyumbang 3 gol buat Prancis yang ketiganya dicetak lewat sundulan.

- Luis Suárez gagal melakukan sentuhan terhadap bola di kotak penalti lawan. Catatan buruk ini pertama kalinya dia torehan dalam 13 tampilan di Piala Dunia. Ia juga gagal melakukan tembakan terarah ke gawang lawan, yang kedua kalinya terjadi dalam Piala Dunia setelah Juni 2010, juga saat melawan Prancis.

- Antoine Griezmann sudah mencetak 7 gol dalam 6 tampilan di babak knockout Piala Dunia dan Piala Eropa. Ia juga mendapat gol non-penalti pertamanya di Piala Dunia.

-Prancis menjadi tim kedua yang berhasil mengalahkan tiga negara Amerika Selatan yang berada dalam satu turnamen Piala Dunia, setelah Belanda pada 1974. 

- Untuk pertama kalinya Luis Suarez gagal mendapat sentuhan di kotak penalti saat melawan Prancis. 

Video: Intip Sibur Arena Stadion Tercantik di Rusia, #SalamdariRusia



(ACF)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

3 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /