Kylian Mbappe Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2018

Mbappe Menolak Disejajarkan dengan Pele

M. Rizky Adhestian    •    16 Juli 2018 07:07 WIB
piala dunia 2018
Mbappe Menolak Disejajarkan dengan Pele
Kylian Mbappe (Foto: AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS)

Moskow: Striker Timnas Prancis, Kylian Mbappe, mencetak sejarah yang persis sama dengan legenda hidup asal Brasil, Pele. Namun, bintang muda Paris Saint-Germain itu merasa punya jalan yang berbeda dengan sang legenda.

Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018. Les Bleus membuktikan diri sebagai negara sepak bola terkuat sejagat raya usai menang dengan skor pasti 4-2 atas Kroasia pada final Minggu 15 Juli di Stadion Luzhniki, Moskow.

Mbappe mencatatkan dirinya di papan skor usai menyumbang satu dari empat gol Prancis. Speedster berusia 19 tahun tersebut menjadi remaja kedua sepanjang sejarah yang mencetak gol di final Piala Dunia setelah Pele pada tahun 1958.

Baca: Deschamps Sebut Prancis Belajar dari Euro 2016

Prestasi tersebut membuat Mbappe digadang-gadang bakal mengulang bahkan melampaui sejarah sepak bola yang dituliskan Pele. Namun, eks penggawa AS Monaco tersebut tidak tertarik memikirkan hal itu.

"Pele telah mencetak sejarah dan saya hanya di sini mencoba untuk membuat jalan saya sendiri. Saya hanya mencoba bermain seperti yang biasa saya lakukan," kata Mbappe dikutip Goal.

"Mencetak dan mengalahkan rekor selalu bagus, tetapi saya selalu bekerja untuk tujuan ini. Saya harus melanjutkannya, saya memiliki ambisi untuk melangkah lebih jauh, kemana pun potensi saya membawa saya.

Baca: Ganggu Final, Perkumpulan Pussy Riots Mengaku Bertanggung Jawab

"Memenangkan Piala Dunia, saat masih muda membuka banyak pintu untuk Anda. Anda harus selalu percaya. Dalam kompetisi seperti ini, bukan yang paling tampan yang menang, tetapi yang paling percaya diri. Kepercayaan kami sekokoh besi. Kami harus menunjukkannya bahkan jika itu tampak arogan pada awalnya."

"Tapi kita semua berada di jalur yang berbeda. Contoh Adil Rami misalnya, dia bekerja sepanjang hidupnya menuju tujuan ini. Tapi saya, saya baru mulai. Saya punya sejarah lengkap untuk ditulis," sambungnya.

Mbappe sekaligus menyabet penghargaan pemain muda terbaik di Piala Dunia 2018. Ia bersanding dengan Luka Modric yang secara bersamaan memenangkan penghargaan bola emas pemain terbaik turnamen tersebut.

Bayang-bayang penghargaan Ballon d'Or lantas menghampiri keduanya. Namun, Mbappe mengaku tidak memikirkan untuk bisa memutus era Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk penghargaan tersebut.

"Memang betul saya berhasil di Piala Dunia, tapi saya tidak memikirkan itu saatini," tegas Mbappe.

Ini menjadi titel Piala Dunia bagi Prancis sejak 1998. Antoine Griezmann cs sekaligus mengobati kekecewaan di Euro 2016, ketika mereka sebagai tuan rumah dikalahkan Portugal 0-1 di final.





Video /