Jelang Piala Dunia 2018

Buntut Direkrut Madrid, Pelatih Timnas Spanyol Lopetegui Dipecat

M. Rizky Adhestian    •    13 Juni 2018 18:55 WIB
piala dunia 2018
Buntut Direkrut Madrid, Pelatih Timnas Spanyol Lopetegui Dipecat
Julen Lopetegui (Foto: AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS)

Krasnodar: Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) resmi memecat pelatih timnas Spanyol Julen Lopetegui. Pelatih baru Real Madrid itu diberhentikan, Rabu 13 Juni atau sehari sebelum pembukaan Piala Dunia 2018.

Los Blancos resmi menunjuk Lopetegui sebagai pengganti Zinedine Zidane pada Selasa 12 Juni kemarin. Eks kiper Barcelona itu sepakat meneken kontrak tiga tahun di Santiago Bernabeu dan baru akan aktif setelah ajang Piala Dunia 2018.

Presiden RFEF Luis Rubiales mengungkapkan, keputusan tersebut dibuat tanpa sepengetahuannya. Ia mengaku baru diberitahu beberapa menit menjelang pengumuman resmi dari Madrid.

Baca juga: Real Madrid Tunjuk Julen Lopetegui Sebagai Pengganti Zidane

Rubiales mengonfirmasi bahwa skuat timnas Spanyol bersikeras mempertahankan Lopetegui untuk Piala Dunia. Namun, RFEF tidak dapat menerima cara pelatih berusia 51 tahun itu menangani stiuasi.

"Kami terpaksa berpisah dengan pelatih tim nasional (Lopetegui). Kami mendoakan yang terbaik untuknya. Apa yang telah diraih timnas Spanyol berkat jasa yang telah ia berikan," kata Rubiales dalam sebuah konferensi pers di tempat latihan Spanyol di Rusia, Krasnodar.

"Negosiasi itu (dengan Madrid) terjadi tanpa ada informasi kepada RFEF, baru lima menit menjelang rilis pers. Ada tindakan yang harus diambil. Kami harus memutuskannya bertahap selama dua hari sebelum mulai Piala Dunia. Banyak hal yang dilakukan."

"Saya tidak merasa dikhianati. Lopetegui, sudah bersama kami beberapa saat, hasil kerjanya sempurna. (Tetapi), ini terjadi tanpa sepengetahuan RFEF."

Baca juga: Usai Tangani Madrid, Zidane Lebih Memilih Istirahat

"Kami akan menghubungi para staff, segera setelah ada yang harus dibicarakan. Saya sangat dekat dengan para pemain, seperti Julien, ini situasi yang sangat kompleks, yang paling kompleks yang pernah saya hadapi."

"Kami dalam situasi yang sangat rumit, tapi para pemain dan staf kepelatihan yang baru akan bekerja keras untuk membawa tim sejauh mungkin. Anda sebenarnya tidak bisa melakukan ini, dua atau tiga hari menjelang Piala Dunia. Kami terpaksa memutuskan ini," sambungnya.

Lopetegui membawa La Furia Roja tak terkalahkan dalam 20 pertandingan sejak mengambil alih kepelatihan dari Vicente Del Bosque setelah Euro 2016. Direktur Olahraga Spanyol Fernando Hierro dan pelatih U-21 Albert Celades, diperkirakan mengambil alih untuk sementara. (Sportsmole).

Video: Karena Ini Rusia Pilih Serigala sebagai Maskot Piala Dunia 2018
 


(RIZ)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /