Pemprov Jatim Fasilitasi Perwakilan Buruh Sampaikan Aspirasi ke Jakarta

Amaluddin    •    30 April 2015 18:59 WIB
may day
Pemprov Jatim Fasilitasi Perwakilan Buruh Sampaikan Aspirasi ke Jakarta
Aksi demo buruh di Surabaya, 30 April 2015, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) berjanji memfasilitasi tim perwakilan buruh untuk menemui Pemerintah Pusat di Jakarta. Tim itu juga akan merumuskan berbagai tuntutan buruh dan menyampaikannya ke pemprov maupun pusat.

"Jadi nanti sampai pusat kita rumuskan bareng-bareng, bagaimana baiknya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur Edi Purwinarto di hadapan para buruh yang berdemo di depan Gedung Negara Grahadi, Kamis (30/4/2015).

Untuk desakan pembubaran Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), kata Edi, pemerintah pusat masih memproses dan mengkajinya dengan DPR. Proses itu, lanjutnya, masuk dalam Program Legislasi Nasional.

"Jadi akan dihapusnya PHI atau tidak kita belum tahu, tapi nanti biar teman-teman buruh yang menyampaikan langsung usulannya kepada pemerintah pusat," katanya.

Hari ini sekitar seribu buruh berdemonstrasi di depan Grahadi sebagai peringatan May Day pada tahun 2015. su yang akan diangkat pada May Day tahun ini adalah menuntut pembubaran Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) dan diganti Lembaga Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (LPPHI). Buruh beranggapan bahwa PHI adalah agenda Neo-Liberal yang melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).


(RRN)

Video /