Ingin Gigi Tetap Putih Berkilau? Jauhi Makanan Ini

   •    30 April 2015 19:04 WIB
kesehatan
Ingin Gigi Tetap Putih Berkilau? Jauhi Makanan Ini
Foto: cosmeticdentistwilkesbarre.com

Metrotvnews.com: Memiliki gigi putih dan berkilau tentu menjadi idaman setiap orang. Tapi kebanyakan dari mereka kurang memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam mulut mereka. Akibatnya, warna gigi cenderung berubah warna kuning atau kecoklatan.

Para ahli mengatakan bahwa jika makanan atau minuman bisa menodai t-shirt putih Anda, maka hal serupa juga bisa terjadi pada gigi putih Anda. Setiap makanan atau minuman asam mungkin menyebabkan enamel gigi Anda memudar. Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi gigi berkilau Anda.

1. Anggur merah atau putih
Selain anggur merah, anggur putih juga rupanya dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Hal ini lantaran keduanya sama-sama mengandung tanin, zat yang dapat meninggalkan jejak kuning dan coklat pada gigi Anda. Jadi, bilas mulut Anda dengan air putih setelah Anda meminum anggur untuk menghindari masalah gigi.

2. Kopi
Warna gelap dari kopi tentu saja akan bermasalah bagi gigi putih Anda. Jika Anda gemar minum kopi, sebaiknya tambahkan lebih banyak susu utuk meminimalisir warna gelap pada kopi.

3. Teh
Selain kopi, teh terutama teh hitam juga memiliki efek yang sama pada warna gigi Anda. Para ahli menyarankan untuk memilih teh herbal dan berwarna lebih terang untuk menghindari perubahan warna pada gigi Anda.

4. Kari
Kari mungkin terasa lezat, namun warna khas dari kari akan membekas dan membuat gigi putih Anda menjadi kuning jika Anda mengkonsumsinya sepanjang waktu.

5. Saus tomat
Siapa yang tidak menyukai saus tomat. Hampir semua orang selalu mengandalkan makanan yang satu ini untuk ditambahkan ke dalam beberapa makanan. Namun, warna saus tomat sangat pekat dan cenderung akan menempel di enamel gigi Anda.

6. Buah beri
Beragam jenis beri seperti raspberry, blackberry, dan blueberry memang kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Masalahnya, buah tersebut sangat berwarna dan akan meninggalkan tanda lantaran cenderung menetap di enamel gigi Anda. Jadi jangan lupa minum air putih setelah Anda memakan buah-buahan ini.

7. Cola dan soda
Jika Cola dan minuman bersoda diminum dalam kondisi dingin, ini akan cenderung berkontraksi pada gigi Anda sehingga menyebabkan gigi Anda lebih berpori dan akan menyerap lebih banyak warna. Sebaiknya hindari minuman ini karena sama sekali tak baik bagi kesehatan Anda.

8. Saus kedelai
Kebanyakan saus kedelai yang berjejer dipasaran tidak menggunakan kedelai yang difermentasi. Akibatnya, kebanyakan dari mereka menggunakan protein kedelai dengan asam klorida, dan ini tentu saja tidak baik untuk gigi Anda. (Ningtriasih/lifehack)


(AWP)

Video /