Eksekusi Mary Jane, JK: Tunggu Proses Hukum di Filipina Tuntas

Dheri Agriesta    •    30 April 2015 19:59 WIB
eksekusi mati
Eksekusi Mary Jane, JK: Tunggu Proses Hukum di Filipina Tuntas
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: M Agung Rajasa/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Eksekusi terpidana mati Mary Jane Fiesta Veloso ditunda. Putusan itu dikeluarkan setelah perekrut Mary Jane, Maria Kristina Sergio, menyerahkan diri ke kepolisian Filipina.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah kini menunggu proses penyelidikan terhadap Maria.

"Kita harapkan penyelidikan di Filipina itu, tentang otak daripada yang menggerakkan Mary Jane itu dapat dibongkar, dan untuk membongkar itu perlu Mary Jane jadi saksi," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Kamis (30/4/2015).

Pemerintah akan menunggu kasus itu tuntas dan terbongkar siapa otak sindikat yang mengatur lalu lintas peredaran narkotika yang diedarkan di Indonesia. Karena, kata JK, penting untuk mengetahui sosok yang menggerakan sindikat.

Mary Jane bisa saja dimintai keterangan sebagai saksi untuk mengungkap kasus ini. Namun, karena status hukum yang menjerat Mary Jane, penyidik asal Filipina harus datang ke Indonesia untuk mengambil keterangan.

"Tentu tidak (dibawa keluar negeri), karena dia dalam keadaan terhukum di Indonesia. Ya penyidik di Filipina dapat datang ke Indonesia," kata JK.

Seperti diketahui, seorang perempuan bernama Maria Kristina Sergio menyerahkan diri kepada Nueva Ecija Provincial Police Office (NEPPO) pada Selasa 28 April.

Maria yang tak lain tetangga suami Mary, merekrut wanita berambut panjang itu sebagai tenaga kerja ilegal. Dia dikirim ke Malaysia dengan visa turis dan tanpa dokumen kerja yang resmi.

Atas pengakuan itu, Kejaksaan Agung batal mengeksekusi mati Mary di detik-detik terakhir, Rabu 29 April dini hari. Mary adalah terpidana mati kasus narkotika.

Dia ditangkap petugas Bea dan Cukai Bandara Adisucipto Yogyakarta karena kedapatan membawa heroin seberat 2,6 kilogram saat turun dari pesawat tujuan Kuala Lumpur-Yogyakarta pada 2010. Mary Jane dijadwalkan memberikan kesaksian kasus Maria pada 8 dan 14 Mei.


(KRI)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

13 minutes Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /