Sri Sultan Keluarkan Sabda Raja

Ardi Teresti Hardi    •    01 Mei 2015 00:30 WIB
keraton yogyakarta
Sri Sultan Keluarkan Sabda Raja
Ilustrasi: AFP/Andy Amaldan

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sri Sultan Hamengku Buwono X mengeluarkan Sabda Raja. Penyampaian Sabda
Raja ini terkesan mendadak dan tertutup, hanya untuk internal Kraton Yogyakarta.

Penghageng Parentah Hageng Keraton Yogyakarta, KRT Yudhahadiningrat, mengatakan posisi Sabda Raja dalam adat Kraton Yogyakarta lebih tinggi dari Sabda Tama.

"Sabda Raja kedudukannya lebih tinggi dari Sabda Tama dan hanya untuk internal kraton," kata dia, Kamis (30/4/2015).

Berbeda dengan Sabda Tama yang sudah dikeluarkan Sultan Hamengku Buwono X sebanyak tiga kali, Sabda Raja baru sekali dikeluarkan Sultan.

"Sabda Raja baru sekali ini disampaikan Sultan Hamengku Buwono X. Tadi disampaikan di Siti Hinggil Kraton Yogyakarta. Saya tidak tahu kenapa dipilih Siti Hinggil. Itu kehendak Sultan," kata dia.

Yudhahadiningrat mengatakan Sabda Raja bukanlah adat baru di Kraton Yogyakarta. Sabda Raja juga pernah dikeluarkan oleh Sultan-Sultan Kraton Yogyakarta sebelumnya.

Sama dengan Sabda Tama, Sabda Raja berlangsung singkat, kurang dari lima menit. Setelah selesai, kerabat Keraton Yogyakarta dan para abdi dalem meninggalkan Siti Hinggil dan menuju ke Kraton Kilen, kediaman Sultan,
untuk mendapat penjelasan lebih lanjut tentang isi dan maksud Sabda Raja.

"Soal isinya, saya belum bisa menyampaikan karena ini masih internal. Nanti pasti akan disampaikan ke publik, mungkin minggu depan," kata Yudhahadiningrat.

Keluarga Sultan dan kerabat Kraton Yogyakarta pun belum bersedia membeberkan isi Sabda Raja.

Sabda Raja dihadiri oleh Istri Sultan, GKR Hemas dan putri-putri Sultan, mayoritas kerabat Kraton Yogyakarta, dan para abdi dalem. Kerabat Kraton Yogyakarta yang tidak hadir, antara lain kedua adik Sultan, GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhaningrat. Dari informasi yang didapat, mereka tidak hadir karena sedang ada kegiatan lain.


(BOB)