Guardiola Dianggap Bersalah atas Cedera Robben

Hilman Haris    •    01 Mei 2015 06:41 WIB
bayern muenchen
Guardiola Dianggap Bersalah atas Cedera Robben
Arjen Robben (Foto: AFP PHOTO / CHRISTOF STACHE)

Metrotvnews.com, Muenchen: Arjen Robben cedera saat memperkuat Bayern Muenchen melawan Borussia Dortmund pada semifinal DFB Pokal, Rabu 29 April. Cedera itu akhirnya membuat Robben tidak bisa beraksi kembali hingga musim 2014--2015 berakhir.

Mantan penggawa Bayern dan Borussia Dortmund, Thomas Helmer menyebut pelatih Josep Guardiola sebagai sosok yang pantas disalahkan atas kisah nahas yang dialami Robben. Menurut Helmer, Robben bisa saja terhindar dari cedera parah andai Guardiola cermat dalam menentukan susunan pemain.

"Guardiola bertanggung jawab atas cedera Robben. Bagaimana mungkin Guardiola memaasukkan Robben ketika pertandingan sedang sengit? Cedera Robben belum lama pulih. Cedera itu sangat berpotensi menjadi lebih parah," kritik Helmer.

Tidak hanya soal Robben. Helmer juga mengkritik putusan Guardiola menarik keluar Thomas Mueller dan memasukkan Bastian Schweinsteriger pada menit ke-76 pada laga itu. Andai saja Mueller tetap dimainkan, Helmer merasa Bayern punya peluang memenangkan pertandingan.

"Mueller tampil bagus pada laga itu. Ia beberapa kali menciptakan peluang mencetak gol. Jadi saya heran kenapa ia harus ditarik keluar. Putusan aneh lainnya adalah kenapa Guardiola tidak memainkan Mario Gotze sejak awal. Gotze justru baru dimainkan untuk menggantikan Robben yang cedera," tegas Helmer.

Cedera Robben dan ketidakhadiran Mueller hingga akhir pertandingan akhirnya membuat Guardiola gigit jari. Bayern kalah dari Dortmund melalui drama adu penalti. Kekalahan itu sekaligus memupus ambisi Guardiola membawa Die Roten meraih treble winners pada musim ini. (Goal)


(HIL)

Video /