Warna Langit Mempengaruhi Kesehatan?

   •    01 Mei 2015 08:27 WIB
kesehatan
Warna Langit Mempengaruhi Kesehatan?
Foto: mxstatic.com

Metrotvnews.com: Menikmati pemandangan saat terbenamnya matahari menjadi hal yang cukup menyenangkan lantaran warnanya yang indah. Namun tahukah Anda bahwa warna langit saat matahari terbenam ternyata mempengaruhi kesehatan Anda?

Ya, penelitian menunjukkan bahwa warna langit pada saat matahari terbenam tak hanya indah untuk dipandang, tetapi itu bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

Dalam percobaan ini, peneliti menguji seekor tikus. Mereka menciptakan sebuah langit buatan dengan memunculkan perubahan dalam warna dan kecerahan.

Para peneliti mulai melihat perubahan cahaya di sekitar fajar dan senja untuk melihat apakah warna dapat digunakan untuk menentukan waktu hari.

Hasilnya, tikus yang terpapar cahaya langit buatan selama beberapa hari ditemukan paling sensitif terhadap warna. Uji coba lain juga menunjukkan hasil yang sama di mana jam tubuh dari tikus lebih dipengaruhi oleh perubahan warna antara biru dan kuning dari tingkat cahaya.

"Ini adalah pertama kalinya bahwa kita telah mampu menguji teori bahwa warna mempengaruhi jam tubuh pada mamalia," kata Dr Timothy Brown, dari Fakultas Biologi di Universitas Manchester.

Ia pun menambahkan bahwa sangat sulit untuk memisahkan perubahan warna dengan perubahan kecerahan. Namun eksperimen yang mereka lakukan terbilang berhasil. Menariknya, penelitian ini rupanya dapat diterapkan pada manusia.

"Jadi secara teori, warna dapat digunakan untuk memanipulasi jam, yang dapat berguna untuk pekerja shift atau wisatawan yang ingin meminimalkan jet lag," kata peneliti. (Ningtriasih/huffingtonpost)




(AWP)

Final Liga Champions akan Digelar dalam Keadaan Atap Stadion Tertutup
Jelang Final LIga Champions 2016--2017

Final Liga Champions akan Digelar dalam Keadaan Atap Stadion Tertutup

2 days Ago

Untuk pertama kalinya laga final Liga Champions akan berlangsung dalam keadaan atap stadion ter…

BERITA LAINNYA
Video /