JK Tekankan Pentingnya Penyediaan Lapangan Kerja

Anshar Dwi Wibowo    •    01 Mei 2015 18:09 WIB
lapangan pekerjaan
JK Tekankan Pentingnya Penyediaan Lapangan Kerja
Ilustrasi. MI/Bary Fathahilah

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menekankan pentingnya penyediaan lapangan kerja baru. Oleh sebab itu, dia meminta kerja sama berbagai pihak untuk menciptakan suasana yang kondusif antara pekerja dan dunia usaha.

"Kalau sistem kerja kita keras-kerasan maka akan sulit mendapat lapangan kerja," ujar JK usai melakukan peninjauan posko nasional pemantauan hari buruh di Markas Besar Kepolisian RI, Jakarta, Jumat (1/5/2015).

JK menjelaskan, selain membela buruh yang sudah bekerja, prioritas saat ini ialah memikirkan masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan. Menurutnya, pemerintah sendiri terus mengupayakan hal tersebut.

"Sekitar dua juta lapangan kerja disiapkan, di dalam bentuk kebijakan ekonomi," katanya.

Di sisi lain dia mengungkapkan, pemerintah berusaha memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi buruh. Selain mendapat gaji, ada program jaminan kesehatan dan pendidikan, pemberian beras untuk masyarakat yang tidak mampu serta membangun perumahan murah.

"Jaminan sosial lainnya, jaminan pensiun nanti juga diharapkan. Jadi secara bertahap, outsourcing itu boleh untuk beberapa hal, namun juga tentu dapat dipahami bahwa itu diatur secara bertahap," cetusnya.

Sementara itu terkait hasil pemantauan, JK mengapresisai perayaan hari buruh yang berlangsung relatif kondusif.

"Tidak ada unjuk rasa dalam artian sweeping atau penutupan jalan. Semua bentuk perayaan bergembira, tentu ada juga orasi-orasi yang bersifat umum. Jadi saya berterima kasih kepada Kapolri, tenaga kerja dan khususnys semua organisasi buruh yang merayakan 1 Mei ini sehingga bisa berjalan lancar," ucapnya.

JK sendiri tiba di Mabes Polri sekitar pukul 13.27 WIB. Kedatangan JK tidak mendapat pengawalan ketat seperti biaanya. JK datang dengan mengendarai VW Caravelle warna hitam. Tidak lama berselang, Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri datang menyusul. Pada saat pemantauan posko, JK ditemani Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Kabareskrim Komjen Budi Waseso dan Wakapolri Komjen Budi Gunawan.


(WID)

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF
Indonesia menuju juara Piala AFF 2016

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF

16 minutes Ago

Tiga pemain timnas Indonesia masuk dalam skuat terbaik semifinal Piala AFF.…

BERITA LAINNYA
Video /