SKPD Diminta Kreatif Tingkatkan PAD

Antara    •    01 Mei 2015 18:33 WIB
daerah
SKPD Diminta Kreatif Tingkatkan PAD
Ilustrasi. Antara/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Kuala Pembuang: Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng) diminta untuk melakukan inovasi dalam meningkatkan pendapatan asli daerah.

"Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) harus berinovasi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), karena PAD kita saat ini sangat rendah dibandingkan kabupaten lain, hanya sekitar Rp27 miliar," kata Asisten III Setda Kabupaten Seruyan Markus di Kuala Pembuang, Kalteng, Jumat (1/5/2015).

Dia menjelaskan, inovasi itu diperlukan menggali sumber-sumber ekonomi serta mendorong kreativitas masyarakat dalam mengembangkan usahanya sehingga taraf ekonomi jadi meningkat. "Karena tidak mungkin masyarakat dapat berkontribusi untuk PAD daam bentuk pajak, kalau pendapatan mereka rendah," ujarnya.

Dia mengatakan, PAD sangat mempengaruhi pelaksanaan pembangunan di daerah, dan akan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pemerintah dalam mengembangkan daerahnya. "Daerah yang tidak mampu mengembangkan PAD akan dianggap tidak mampu mengembangkan daerahnya, karena pendapatan akan mempengaruhi percepatan pembangunan yang direncanakan," ucap dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pajak Daerah Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Kalteng Ampuh Sera mengatakan PAD yang bersumber dari pajak merupakan sumber pembiayaan utama untuk membangun daerah, sementara di Kalteng rata-rata pendapatan daerah setiap kabupaten masih di bawah 10 persen.

"Artinya apa, kabupaten itu hidupnya hanya di bawah 10 persen, sisanya bergantung dari dana lain, jadi sehebat apapun perencanaan daerah, kalau tidak ada uangnya kita tidak bisa apa-apa," cetusnya.

Dia mengakui, rendahnya PAD sangat mempengaruhi pembangunan di Bumi Tambun Bungai, hal ini terlihat dari keseluruhan usulan pembangunan yang masuk hanya separuhnya yang bisa direalisasikan. "Ini hampir terjadi di seluruh Kalteng, misalkan ada 10 usulan yang disampaikan, namun yang terealisasi hanya lima. Karena uangnya kurang dan harus dibagi-bagi," katanya.


(WID)

Demi Timnas, Fan Ini Warnai Seluruh Tubuhnya dengan Cat
Leg I Semifinal Piala AFF 2016

Demi Timnas, Fan Ini Warnai Seluruh Tubuhnya dengan Cat

3 minutes Ago

Banyak cara dilakukan suporter Tanah Air untuk mendukung Tim Nasional (Timnas) Indonesia ketika…

BERITA LAINNYA
Video /