Tiongkok Ingatkan Pejabat Tak Rapat di Tempat Wisata

Antara    •    01 Mei 2015 19:06 WIB
tiongkok
Tiongkok Ingatkan Pejabat Tak Rapat di Tempat Wisata
Tiongkok Ingatkan Pejabat Tak Rapat di Tempat Wisata. MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Beijing: Badan pemberantasan korupsi Tiongkok, Jumat (1/5/2015) memasangi laman resminya dengan foto 21 tempat wisata Tiongkok, yang terlarang bagi pejabat melakukan rapat. Hal ini sebagai upaya untuk memberantas pemborosan dan korupsi.

Pemerintah pada September mengeluarkan aturan untuk berhenti menggelar rapat di tempat tersebut, dengan alasan pemborosan uang rakyat serta memantik kemarahan masyarakat. Pada saat negara itu memperingati libur Hari Buruh, laman Komisi Pusat untuk Kedisiplinan yang biasanya cukup serius, menampilkan foto-foto 21 kawasan terlarang dengan keterangan foto: "Meski tempat itu bagus, jangan buat pertemuan di sana!".

Termasuk diantara foto-foto itu adalah Tembok Besar Tiongkok sektor Badaling di luar Beijing, rumah musim panas raja Qing di Chengde dan pantai wisata Sanya, yang sering disamakan dengan Hawaii atau Bali. "Demi kebaikan, jangan pergi ke lokasi-lokasi populer ini untuk pertemuan, mengerti?," imbuh badan tersebut.

Pejabat diketahui seringkali menggunakan alasan melakukan pertemuan bisnis resmi agar bisa berlibur dengan biaya pemerintah. Sejak Presiden Xi Jinping berkuasa pada 2013, pemerintah berupaya memberantas korupsi dan pemborosan oleh pejabat di Tiongkok, dimana aksi pamer kekayaan individu yang seringkali berupa kekayaan gelap, serta pemborosan uang rakyat, telah membuat Partai Komunis yang berkuasa mendapat kritikan luas.

Pada Jumat, wakil pemimpin perusahaan plat merah China National Nuclear Corp dipecat karena menyelewengkan dana pemerintah saat berkunjung ke lokasi wisata dalam dua lawatan ke Argentina pada Januari dan September 2013.


(WID)

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF
Indonesia menuju juara Piala AFF 2016

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF

8 minutes Ago

Tiga pemain timnas Indonesia masuk dalam skuat terbaik semifinal Piala AFF.…

BERITA LAINNYA
Video /