Indonesia Terjunkan Tiga Tim Evakuasi ke Nepal

LB Ciputri Hutabarat    •    02 Mei 2015 08:23 WIB
gempa nepal
Indonesia Terjunkan Tiga Tim Evakuasi ke Nepal
Ilustrasi. Tim bantuan kemanusiaan Indonesia bersiap diberangkatkan ke Nepal di base ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (29/4). (Foto: ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia menurunkan tiga tim khusus ke Nepal. Pasalnya, sebanyak 16 Warga Negara Indonesia (WNI) masih belum bisa dihubungi pascagempa berkekuatan 7,9 Skala Richter mengguncang Nepal 26 April lalu. 

"Rencana operasi evakuasi dengan fokus 16 WNI yang belum dapat dikontak hingga saat ini dibagi dalam tiga tim kelompok operasi," kata Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal, Jumat (1/4/2015).

Iqbal, sapaan akrabnya, menjelaskan untuk tim pertama bertugas mencari melalui udara dengan Gun Helicopter Charter (Air Searching and Rescue). Tim ini diketuai oleh seorang Kolonel (Pnb) Indan Gilang dengan anggota terdiri dari tim evakuasi Kementerian Luar Negeri (Kemlu), TNI AU, Relawan THC dan orang yang berpengalaman di Himalaya.

Tim satu akan mencari mulai sekitar pukul 02.00 WIB sampai 16.00 WIB pada Sabtu 2 Mei dengan durasi tiga jam di wilayah pencarian berlokasi di Kyanjin, Langtang serta Dhunche. Tim ini, kata Iqbal, juga berusaha mencari melalui penyedia layanan telekomunikasi Indonesia.

"Saat ini sedang mengupayakan pencarian melalui GPS dengan menggunakan provider Indonesia untuk lebih mempertajam area pencarian. Karena tiga WNI yang menjadi target pencarian semalam menggunakan nomor GSM Indonesia," jelas Iqbal.

Sementara tim dua, lanjut dia, bertugas mencari di daratan wilayah Dhunche yang dikomandoi oleh Krishna Djelani dari Kemlu. Tim ini yang beranggotakan tim evakuasi Kemlu, Paskhas TNI AU, relawan dan THC.

"Operasi pencarian tim dua sudah dilakukan sejak semalam dan akan menempuh perjalanan selama 12 jam. Sekitar tujuh jam kendaraan dan lima jam dengan menggunakan jalan kaki," ungkap dia.

Untuk tim tiga, kata dia, mencari di daratan wilayah Kathmandu yang dipantau langsung dari posko. Tim ini terdiri dari tim evakuasi Kemlu, Paskhas TNI AU serta relawan THC. 


(OGI)

Video /