Diciduk Penyidik Bareskrim, Novel: Ini Adalah Upaya Kriminalisasi

Arga sumantri    •    02 Mei 2015 21:20 WIB
novel baswedan
Diciduk Penyidik Bareskrim, Novel: Ini Adalah Upaya Kriminalisasi
Novel bersama Johan dan Raksamala----MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik KPK Novel Baswedan menuding Polri telah melakukan upaya kriminalisasi dengan melakukan penangkapan terhadap dirinya. Sebab, ia melihat adanya kejanggalan dalam penangkapannya.

Namun, Novel berjanji akan tetap menjalankan seluruh proses hukum yang menjeratnya hingga tuntas.

"Seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya, saya memandang ini adalah upaya-upaya kriminalisasi terhadap diri saya." kata Novel saat memberikan keterangan pers di Gedung KPK, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Sabtu (2/5/2015).

Selain itu, Novel juga mengaku keberatan dengan cara Polri yang menjemput paksa dirinya, pada Jumat 1 Mei dini hari, "itu tindakan yang berlebihan," ungkap Novel.

Novel sebelumnya dijemput paksa di rumahnya, Jumat dini hari. Dia kemudian digelandang ke Mabes Polri buat menjalani pemeriksaan dalam kasus dugaan penganiayaan di Polda Bengkulu. Selang sembilan jam setelah diperiksa, Novel dibawa ke Mako Brimob untuk kemudian dibawa ke Bengkulu.

Disana, ia batal menjalani rekontruksi kasus dugaan penganiayaan pencuri sarang burung walet pada 2004 silam saat menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bengkulu. Ia pun mendapat penangguhan penahanan dari Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Kemudian ia diterbangkan dari Bengkulu dan digiring kembali ke Bareskrim Mabes Polri sebelum dipulangkan ke KPK.

Kasus ini sempat diusut pada 2012 saat konflik Polri dan KPK. Namun polisi menghentikan penyidikan setelah Presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono meminta konflik KPK-Polri diselesaikan. Salah satunya, polisi diperintahkan untuk tak melanjutkan kasus ini.

Sementara, Jokowi sudah memerintahkan kepada Kapolri untuk tidak menahan Novel. Dia tidak ingin proses 'rujuk' antara KPK-Polri terganggu. 


(ICH)

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor
Semifinal Leg 1 Piala AFF 2016: Indonesia vs Vietnam

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor

54 minutes Ago

PSSI dan ketua Panpel laga Indonesia versus Vietnam memberikan penjelasan mengenai pendistribus…

BERITA LAINNYA
Video /