Warga Malaysia Ikuti Diklat TKSM di Sebatik

Intan fauzi    •    02 Mei 2015 22:47 WIB
Warga Malaysia Ikuti Diklat TKSM di Sebatik
Mohd Asrizal (tengah) besama dua rekannya--MTVN/Intan Fauzi

Metrotvnews.com, Sebatik: Sebanyak 60 warga Kecamatan Sebatik mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat. Namun, tiga diantaranya adalah warga negara Malaysia.

Salah satu warga Malaysia Mohd Asrizal, beralasan mengikuti diklat TKSM ini, untuk mencari pengalaman dan mendekatkan hubungan dengan warga Indonesia di wilayah perbatasan Sebatik. "Alasannya untuk mencari pengalaman dan merapatkan hubungan dengan warga sini (Sebatik)," ujar Asrizal saat penutupan diklat di Desa Aji Kuning, Sebatik Tengah, Kalimantan Utara, Sabtu (2/5/2015).

Selama pelaksanaan diklat, kata Asrizal, ada banyak informasi yang didapatkannya tentang negara Indonesia. Ia juga akan mengembangkan ilmu yang didapatkan selama pelatihan di negaranya. Bahkan, Ia tak sungkan untuk mengikuti diklat TKSM lagi.

"Ya, ilmunya kami akan kembangkan di Malaysia. Kemungkinan kami akan kembali untuk melakukan pelatihan," ujarnya.

Dengan bergabungnya warga Malaysia di TKSM, Asrizal berharap negara Indonesia dan Malaysia dapat berjalan beriringan. "Negara serumpun ini dapat bersatu menjalankan aktivitas sosial seperti kakak beradik," pungkasnya.

Pelatihan bagi para tenaga kerja ini merupakan bentuk implementasi dari program nawacita pemerintahan Jokowi-JK pada poin ke tiga tentang membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.  

TKSM Sebatik dijalankan oleh Balai besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) regional IV kota Banjarmasin yang mengcover wilayah Kalimantan. Diklat digelar dari tanggal 28 April hingga 2 Mei. Ada 60 peserta diklat dari lima Kecamatan dan 19 Desa dengan berbagai latarbelakang seperti karang taruna, garda batas, pendamping Program Keluarga Harapan (PKH).

Diklat pun ditutup secara resmi oleh Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa. Selanjutnya diikuti dengan menyanyikan lagu nasional "Bagimu Negeri".
(ICH)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

18 minutes Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /