Van Persie Gagal Penalti, United Tumbang di Old Trafford

Achmad Firdaus    •    03 Mei 2015 01:30 WIB
liga inggris
Van Persie Gagal Penalti, United Tumbang di Old Trafford
Momen saat Robin van Persie gagal menuntaskan tugasnya sebagai eksekutor penalti sehingga Manchester United harus menyerah 0-1 dari West Bromwich Albion di Old Trafford (Foto: AFP/OLI SCARFF)

Metrotvnews.com, Manchester: Robin Van Persie gagal menyelamatkan Manchester United dari kekalahan pada pekan ke-35 Liga Primer Inggris. Kegagalannya mengeksekusi penalti membuat United harus menelan malu karena kalah tipis 0-1 dari tim semenjana, West Bromwich Albion. 

Laga di Old Trafford Sabtu 2 Mei 2015, diawali dengan memberikan penghormatan kepada mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand yang baru saja ditinggal istrinya, Rebecca yang meninggal karena penyakit kanker.

United tampil dengan duet Wayne Rooney dan Robin van Persie di lini depan. Target kemenangan dipatok Setan Merah demi mengamankan posisi di zona Liga Champions.

Permainan ofensif langsung diperagakan United. Menit ke-16, Van Persie mendapat peluang, namun sepakan mendatarnya masih bisa digagalkan kiper West Brom, Glyn Myhill. Bola muntah yang coba dimaksimalkan Ashley Young juga gagal berbuah gol.

Tiga menit berselang, Van Persie kembali mendapatkan peluang emas. Menerima umpan tarik Young di sisi kanan pertahanan West Brom, sontekan RvP di muka gawang, hanya melintas tipis di sisi gawang.

West Brom tidak tinggal diam. Mereka cukup mampu memberikan perlawanan kepada United, karena dituntut meraih poin penuh demi melepaskan diri dari ancaman degradasi.

United terus mengurung pertahanan West Brom. Namun, sejauh ini kerja sama yang diperagakan Rooney dan kawan-kawan belum berbuah gol. Barisan pertahanan West Brom masih cukup solid meredam setiap gempuran anak-anak asuh Louis van Gaal. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memulai babak kedua, United kembali menunjukkan superioritasnya. Rooney membuka peluang dengan tendangan keras dari jarak 25 yard. Sayang, arah bolanya justru tepat ke pelukan Myhill sehingga urung berbuah gol.

Di tengah dominasinya, United justru kecolongan gol pada menit ke-63. Berawal dari skema tendangan bebas, sepakan mendatar Chris Brunt membentur rekannya, Jonas Olsson yang berdiri sejajar dengan pagar hidup United. Bola pun akhirnya berbelok arah ke pojok kiri bawah gawang United tanpa bisa dijangkau David De Gea.

Gol "tidak sengaja" Olsson membuat United langsung meningkatkan tempo permainan. Serangan sporadis dilancarkan para penggawa Setan Merah. Peluang emas untuk menyamakan kedudukan pun didapat pada menit ke-72.

United mendapatkan hadiah penalti usai Saido Berahino melakukan handball saat menahan umpan yang coba dilepaskan Antonio Valenci. Sayang seribu sayang, Van Persie yang maju sebagai eksekutor justru gagal menuntaskan tugasnya. Eksekusinya berhasil dibaca dengan baik oleh Myhill.

Memasuki 10 menit laga tersisa, United masih tertinggal 0-1. Louis van Gaal pun memasukkan Radamel Falcao pada menit ke-84. Dengan demikian, United kini bermain dengan tiga striker (Rooney, Van Persie, dan Falcao).

Satu menit jelang waktu normal berakhir, Van Persie coba membayar kegagalannya dengan sebuah tendangan voli terarah dari luar kotak penalti. Namun, pria Belanda harus kembali gigit jari lantaran Myhill sukses melakukan penyelamatan gemilang. Skor 0-1 untuk kemenangan West Brom pun bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, United tak beranjak dari posisi empat klasemen dengan koleksi 65 poin. Namun, mereka kini terancam oleh Liverpool yang berada tepat di bawahnya dengan selisih hanya empat poin. Sementara bagi West Brom, kemenangan ini membawa mereka mengoleksi 40 poin dan bisa dipastikan selamat dari zona degradasi.

Susunan Pemain:
Manchester United:
De Gea, Valencia, Smalling, McNair/Falcao (84'), Blind/Di Maria (63'), Mata, Herrera, Fellaini, Young, Rooney, van Persie

West Bromwich Albion: Myhill, Dawson, McAuley, Olsson, Lescott, Brunt, Yacob, Gardner, Mulumbu/Baird (76'), Fletcher, Berahino/Ideye Brown (80')



(ACF)

Video /