Fans Liverpool Indonesia Terbanyak di Dunia

- 11 Januari 2013 14:16 wib
<p><span class= ANTARA/Andika Wahyu

" />

ANTARA/Andika Wahyu

TAK disangka, ternyata penggemar The Reds, julukan untuk Liverpool, paling banyak berasal dari Tanah Air. Hal itu diungkapkan Head of Content Digital Media Liverpool Paul Rogers. Hal itu ia ketahui berdasarkan respons para penggemar melalui situs web (website) resmi liverpool yang berbasis di Inggris yang diklaim sebagai website sepak bola terbesar di dunia.

"Semenjak Januari tahun ini, penggemar Liverpoool yang berasal di Indonesia merupakan yang terbanyak di dunia. Padahal hingga Desember lalu, rekor itu masih dipegang oleh warga Inggris sendiri," terang Rogers kepada Metrotvnews.com, Jumat (11/1).

Rogers memang bertugas memantau perkembangan Liverpool di dunia selain di Inggris, khususnya Asia, Afrika, Amerika, dan China. Untuk itulah, Liverpool meluncurkan Twitter resmi khusus berbahasa Indonesia untuk lebih bisa berkomunikasi dengan para Liverpudlian karena akan lebih mudah menggunakan bahasa sendiri.

"Ini luar biasa, padahal Liverpool belum pernah bertandang ke Indonesia. Kami baru datang ke Thailand, China, dan Singapura. Walaupun belum pernah ke sini, nyatanya jumlah penggemar di Indonesia malah yang terbanyak jika dibandingkan dengan negara lain," kata Rogers.

Akun Twitter Liverpool berbahasa Inbdonesia itu sendiri telah diluncurkan semenjak November tahun lalu dengan nama @OfficialLFC_ID. Belum tiga bulan dibuat pun, jumlah penggemarnya sudah hampir mencapai 30 ribu. Tak pelak, para pemain Liverpool pun cukup terkejut dengan hal tersebut.

"Ya, para pemain sendiri pun cukup terkejut saat mengetahui bahwa mereka memiliki begitu banyak penggemar di Indonesia, bahkan yang terbanyak di dunia. Banyak dari mereka yang terjejut dan antusias untuk datang sini. Kami memang ingin sekali bermain di indonesia. Dengan besarnya antusiasme Liverpudlian, bukan tak mungkin The Reds bakal bertandang ke sini. Kami memang sangat ingin sekali bertanding di sini, melawan timnas atau klub lokal," terang Rogers.

Di Indonesia, Liverpool sendiri telah mendirikan sekolah yakni Sekolah Sepak Bola Liverpool atau Liverpool Football Club (LFC) Academy Indonesia semenjak 2001. Untuk itu, Rogers bertutur pihaknya berjanji juga akan lebih mengembangkan pendidikan di sekolah tersebut. Rogers berkisah ia pernah menemukan seorang anak berusia 7 tahun asal Indonesia yang bersekolah di Sekolah Liverpool. Kemudian ada seorang penggemar yang merekam kemampuan sang anak dalam mengolah bola lalu mengunggahnya ke YouTube.

"Saya melihat video itu dan memperlihatkannya ke tim perekrut Liverpoool dan mereka pun menyatakan ketertarikannya untuk melatih si anak lebih lanjut. Menurut mereka, ia brilian," tutur Rogers.

Itu merupakan salah satu gambaran bahwa Liverpool pun enggan menyia-nyiakan bakat sepak bola yang dimiliki anak-anak Indonasia. "Jika ada pemain yang berbakat, Liverpool pasti akan tertarik untuk mengajaknya turut berlatih di Inggris."(Pri/OL-12)

()

ABOU Diaby siap membela Arsenal di pekan-pekan terakhir musim Liga Primer Inggris setelah absen selama…