Mensos Berharap Bisa Ajukan Gelar Kepahlawanan Gus Dur Bulan Ini

Intan fauzi    •    04 Mei 2015 00:56 WIB
gus dur
Mensos Berharap Bisa Ajukan Gelar Kepahlawanan Gus Dur Bulan Ini
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menghadiri haul ke lima Gus Dur. (Foto: Antara/Indrianto Eko).

Metrotvnews.com, Sebatik: Penganugerahan gelar pahlawan nasional bagi Abdurrahman Wahid atau Gus Dur masih dalam proses. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berharap dapat mengajukan usulan ke Dewan Gelar dalam waktu dekat.

"Mei ini sebetulnya diharapkan sudah ada pengusulan dari Kemensos ke Dewan Gelar," kata Khofifah saat berkunjung ke Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, Jumat (1/5/2015).

Saat ini proses tersebut masih terhenti di Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP). "Kita sambil menunggu berapa berapa banyak yang sedang diproses TP2GP agar yang masuk ke Dewan Gelar itu satu paket," lanjut Khofifah.

Setelah proses di Dewan Gelar, kata Khofifah, masih ada proses pengajuan ke Presiden Jokowi. Setelah tahapan itu dilalaui, upacara penganugerahan gelar terhadap mantan Presiden ke empat ini.

"Itu baru (sampai) Dewan Gelar loh ya, nanti dikomunikasikan lagi ke Presiden," terangnya.

Seperti diketahui, pengajuan gelar pahlawan nasional kepada tokoh pluralitas itu sudah dilakukan sejak tahun lalu. Selain gelar, Gus Dur pun diabadikan dalam bentuk patung Gus Dur muda yang telah diresmikan 25 April lalu di Taman Amir Hamzah, Matraman, Jakarta Timur.


(DRI)

Video /