Kim Jong-un Batal Hadiri Peringatan PD II di Rusia

Willy Haryono    •    04 Mei 2015 10:25 WIB
korea utara
Kim Jong-un Batal Hadiri Peringatan PD II di Rusia
Kim Jong-un menghadiri konferensi pelatihan pejabat Partai Rakyat Korea (KPA) di tempat yang tak disebutkan di Korut -- AFP / KNS / KCNA

Metrotvnews.com, Pyongyang: Korea Utara akan mengirim presiden tituler Kim Yong-nam untuk menghadiri peringatan Perang Dunia II di Rusia pekan ini, setelah pemimpin tertinggi Kim Jong-un memutuskan tidak pergi.

Menurut laporan kantor berita KCNA, Senin (4/5/2015), Kim Yong-nam akan berpartisipasi dalam upacara 9 Mei dalam memperingati 70 tahun kemenangan Soviet atas Nazi Jerman.

Moskow telah mengundang Kim Jong-un, dan sang pemimpin muda itu menerimanya. Kunjungan itu akan menjadi lawatan luar negeri pertamanya sejak berkuasa setelah sang ayah, Kim Jong-il, meninggal dunia pada Desember 2011.

Namun Kim membatalkannya pekan lalu, dengan alasan adanya "masalah internal Korut."

Alasan pembatalan memicu beragam spekulasi, mulai dari ketidakstabilan politik domestik hingga penolakan Rusia terkait insentif perjanjian senjata.

Sejumlah analis memperkirakan Kim merasa belum siap untuk menghadiri acara besar yang dihadiri banyak pemimpin dunia, termasuk Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Kim Yong-nam, 87, sudah beberapa kali menghadiri acara dunia sebagai perwakilan Korut, termasuk Konferensi Asia Afrika di Jakarta.

Dinasti Kim telah menguasai Korut selama lebih dari enam dekade.


(WIL)

Video /