Lulung Kembali Diperiksa soal Korupsi UPS

Githa Farahdina    •    04 Mei 2015 10:56 WIB
korupsi ups
Lulung Kembali Diperiksa soal Korupsi UPS
Abraham Lunggana alias Haji Lulung dipanggil penyidik Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis 30 April. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Bareskrim Mabes Polri kembali memeriksa Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana. Dia mengatakan diperiksa sebagai saksi kasus korupsi pengadaan alat uninterruptible power supply (UPS).

"Saya hanya dimintai keterangan sebagai saksi," kata pria yang akrab disapa Lulung itu sebelum masuk ke Gedung Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (4/5/2015).

Haji Lulung datang bersama Kuasa Hukumnya Efendi Syaputra dan Ramdan Alamsyah. Pekan lalu, ia juga diperiksa terkait kasus yang sama.

Penyidik Bareskrim menetapkan dua tersangka dugaan korupsi proyek pengadaan alat UPS di sekolah, Alex Usman dan Zainal Soleman. Alex diduga bermain anggaran saat menjabat Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat pada 2014.


Penyidik Bareskrim Polri menangkap Alex Usman (tengah), Kamis 30 April. Antara Foto/Reno Esnir


Sedangkan Zainal diduga menilep uang negara saat menjabat Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Pusat pada tahun yang sama.

Alex ditahan untuk 20 hari ke depan terhitung Kamis pekan lalu. Penyidik Bareskrim menangkap pria berkaca mata itu di Rumah Sakit Siloam, Jakarta Barat. Sebelumnya, ia mangkir dari pemeriksaan dengan alasan sakit.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) beberapa waktu lalu juga melaporkan dugaan penyimpangan Anggaran Perencanaan dan Belanja Daerah (APBD) DKI dari 2012 hingga 2014 ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Karena dugaan korupsi proyek UPS sudah diselidiki penyidik Bareskrim, KPK mempelajari poin lain dalam laporan Ahok tersebut.

"Kami terima laporan dari Pak Ahok berkaitan dengan APBD DKI 2012-2014 dalam poin-poin itu, tidak hanya soal UPS tapi ada juga poin lain," kata Plt Pimpinan KPK Johan Budi, Rabu 29 April.


(TRK)

Antara Riedl, Indonesia dan Label <i>Runner Up</i>
Piala AFF 2016

Antara Riedl, Indonesia dan Label Runner Up

28 minutes Ago

Sebelumnya sempat ada perjanjian jika Riedl gagal membawa Indonesia juara AFF, kontrak tiga tah…

BERITA LAINNYA
Video /