Kemenkominfo: Masa Depan Kita Ada di Broadband

Mohammad Mamduh    •    04 Mei 2015 11:16 WIB
telekomunikasi
Kemenkominfo: Masa Depan Kita Ada di Broadband
Menkominfo Rudiantara saat acara penggelaran proyek kabel bawah laut Luwuk-Tutuyan. (MTVN/MAMDUH)

Metrotvnews.com: Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa masa depan Indonesia ada di jaringan broadband. Hal ini disampaikan langsung saat peresmian proyek kabel bawah laut Luwuk-Tutuyan, yang merupakan hasil kerja sama Telkom dengan Sarana Global Indonesia, kemarin, Minggu 3 Mei.

"Ada 3 pendukung untuk kehadiran broadband: device, infrastruktur, dan aplikasi," katanya. "Aplikasi tidak bisa berkembang jika jaringannya tidak mendukung. Jaringan broadband ini ada 2, fixed dan mobile broadband. Mobile yang sekarang lagi kita gencarkan."

Atas dasar hal itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah terkait optimalisasi broadband. Hari ini adalah jadwal penataan frekuensi 1.800 MHz untuk cluster ring pertama, yaitu Maluku dan Maluku Utara. Ketimbang kota besar di bagian Barat, pemerintah justru memprioritaskan jaringan broadband pertama di wilayah Timur.

Dari sisi fixed broadband, melalui Telkom, pemerintah terus menambah jalur coverage kabel bawah laut. Namun, Rudiantara sendiri berharap para pengusaha dari Indonesia yang menjadi ujung tombak pengadaan infrastruktur ini, yang pastinya bekerja sama dengan Telkom. "Kita maunya para pengusaha lokal yang jadi penyedia. Kualitasnya udah teruji, SGI adalah salah satunya."


(ABE)

Demi Timnas, Fan Ini Warnai Seluruh Tubuhnya dengan Cat
Leg I Semifinal Piala AFF 2016

Demi Timnas, Fan Ini Warnai Seluruh Tubuhnya dengan Cat

2 minutes Ago

Banyak cara dilakukan suporter Tanah Air untuk mendukung Tim Nasional (Timnas) Indonesia ketika…

BERITA LAINNYA
Video /