Review Headset

Menjajal ASUS STRIX DSP, Headset Gaming dengan Digital Signal Processing

Riandanu Madi Utomo    •    04 Mei 2015 11:23 WIB
review gadget
Menjajal ASUS STRIX DSP, Headset Gaming dengan Digital Signal Processing
ASUS STRIX DSP dilengkapi dengan sebuah digital signal processing

Metrotvnews.com: Sebagaimana headset multimedia, headset gaming juga memiliki banyak varian. Ada yang hanya meenggunakan konektor 3,5 mm, ada yang menggunakan konektor USB secara langsung.

Selain itu, ada juga yang menyertakan sebuah soundcard tambahan yang dapat dihubungkan dengan konektor USB dan headset-nya terhubung dengan soundcard tambahan tersebut dengan menggunakan konektor 3,5mm. Apapun konfigurasinya, headset gaming pada umumnya mengedepankan kualitas suara dan kenyamanan, karena kedua hal tersebutlah yang menjadikannya patut untuk dibeli.

ASUS STRIX DSP adalah headset gaming yang satu tingkat lebih tinggi dari ASUS STRIX PRO yang sempat kami ulas beberapa waktu lalu. Headset tersebut masih memiliki bentuk yang sama, dan tidak ada prbedaan sama sekali.

Hal tersebut membuat tingkat kenyamanannya sama dengan ASUS STRIX PRO, sehingga Anda dapat membaca ulasan kami jika ingin mengetahui tingkat kenyamanan dari headset ASUS STRIX DSP. Lalu apa yang membuatnya berbeda?



ASUS STRIX DSP menggunakan driver yang berbeda, sehingga suara yang dihasilkan lebih detail dan jernih. Tidak hanya itu, ASUS STRIX DSP juga memiliki konfigurasi yang berbeda dengan ASUS STRIX PRO yang hanya ditemani dengan sebuah dongle kontrol volume yang berfungsi sekaligus sebagai bagian dari sistem peeredam suara untuk mikrofonnya.

Jika berbicara mengenai konfigurasi, ASUS STRIX DSP adalah headset gaming yang memiliki konfigurasi yang cukup unik. Dalam paket penjualannya terdapat juga Digital Signal Processing (DSP).

Ia berfungsi layaknya soundcard tambahan di headset gaming lainnya. Alat tersebut memiliki cukup banyak tombol, saklar dan kenop. Dengan kombinasi ketiganya, Anda dapat mengatur konfigurasi suara secara langsung, meskipun sedang berada dalam game.



Ada tiga mode pengaturan utama dalam DSP tersebut, yaitu mode pengaturan mikrofon, volume, dan preset suara. Di mode pengaturan mikrofon dan volume, Anda dapat mengatur besaran kekuatan suara yang dihasilkan dengan memutar kenop utama yang berada di bagian atas DSP-nya. Jika ingin mematikan fungsi volume atau mikrofon (berpindah ke mode mute), Anda dapat menekan kenop utama tersebut hingga warna lampu di DSP menjadi berwarna merah.

Sedangkan untuk mode preset suara, ASUS hanya memberikan empat preset gaming yang dapat Anda gunakan. Keempatnya memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Masing-masing memiliki fokus di jenis-jenis suara tertentu. Misal, mode preset first-person shooteer (FPS) memungkinkan suara langkah kaki musuh terdengar dengan sangat jelas, meskipun musuh masih berada cukup jauh dari lokasi Anda.



DSP pada headset gaming ASUS STRIX DSP juga memiliki fitur amplifier dan surround. Kedua fitur tersebut memungkinkan suara yang dihasilkan oleh headset gaming ini menjadi lebih jelas dan terarah dengan baik. Tidak hanya itu, di bagian bawah DSP tersebut juga terdapat sebuah saklar yang memungkinkan suara untuk diproses dalam bentuk delapan channel untuk meningkatkan realitas dari suara surround-nya.

DSP pada headset gaming ASUS STRIX DSP memiliki dua buah keluaran (output). Satu output untuk headset ASUS STRIX DSP, dan satunya lagi untuk speaker. Dengan kata lain, Anda juga dapat menghubungkan speaker PC Anda dengan DSP tersebut agar suara yang dihasilkan menjadi lebih baik. Sayangnya, Anda tidak dapat mengaktifkan speaker dan headset secara bersamaan, sehingga jika Anda dalam mode speaker, maka heeadset tidak akan menghasilkan suara, begitu pula sebaliknya.



ASUS STRIX DSP memiliki suara dengan kualitas yang sangat baik. Ia mampu menyajikan berbagai detail suara dengan jelas. Sistem surround-nya pun terasa berbeda deengan sistem virtual surround yang biasa ditemukan di headset gaming lainnya.

Kekuatan utama headset ini memang terdapat di DSP-nya. Dengan DSP tersebut, Anda dapat mengatur berbagai konfigurasi suara dengan mudah tanpa harus keluar dari game. DSP tersebut juga merupakan bagian dari sistem peredam suara pada mikrofonnya, sehingga kualitas mikrofon pada headset gaming ini juga sama bagusnya dengan ASUS STRIX PRO.

ASUS STRIX DSP sangat cocok bagi mereka yang ingin meningkatkan kualitas suara pada PC-nya. Ia dapat dijadikan sebagai alternatif yang tepat untuk meningkatkan kualitas suara PC Anda tanpa harus mengganti soundcard atau membuka casing.




(ABE)

Wapres dan Ketua MPR Yakin Timnas Mampu Jinakan Vietnam
Leg I Semifinal Piala AFF 2016

Wapres dan Ketua MPR Yakin Timnas Mampu Jinakan Vietnam

31 minutes Ago

Tak tanggung-tanggung, Ketua Umum PAN itu memprediksi timnas akan menang dengan skor meyakinkan…

BERITA LAINNYA
Video /