Ini Siasat Ahok Hadapi Tuntutan Buruh

Wanda Indana    •    04 Mei 2015 11:15 WIB
may day
Ini Siasat Ahok Hadapi Tuntutan Buruh
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Antara/mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan memenuhi tuntutan buruh yang meminta kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) diluar kewajaran. Sebab, penetapan UMP sudah diperhitungkan sesuai dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Ibu Kota.
 
“Kami sudah berusaha membantu mencukupi kebutuhan buruh melalui program-program Pemprov DKI. Mulai Juni ada integrasi bus ke TransJakarta, program kesehatan ada di tiap Puskesmas termasuk KJP, anak buruh boleh dapat KJP selama dia tidak mampu. Kami berusaha menolong biaya hidup mereka,” kata Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2015).
 
Ia menyadari, perusahaan tidak akan mau menaikkan gaji sesuai tuntutan buruh. Sebab, kenaikan gaji tanpa ada peningkatan produksi membuat pengusaha bangkrut.
 
Suami Veronica Tan itu tidak bisa mendesak pengusaha menaikkan gaji buruh. Cara ampuh agar buruh mendapat kehidupan layak adalah mensubsidi kebutuhan buruh mendapat kehidupan layak.
 
"Caranya bukan menuntut kenaikan gaji terus, tapi bagaimana pemerintah menyediakan kebutuhan mereka dengan harga murah, itu strateginya. Kesehatan, transportasi dan pendidikan sampai ke biaya pokok. Pemerintah harus menyediakan ini, teori itu harus kita mainkan di Jakarta, kami akan kasih murah semua," katanya.
 
Seperti diketahui, pada Hari Buruh Internasional 1 Mei 2015, ribuan buruh turun ke jalan menuntut kenaikan upah hingga 32 persen. Pemerintah diminta menjalankan amanat konstitusi UUD 1945 pasal 33 dan 27 tentang upah layak dengan menaikkan upah dan mengubah KHL dari 60 Item menjadi 84 item agar daya beli buruh meningkat akibat kenaikan harga barang dan BBM.


(FZN)

Mengulik Sejarah dan Arti Lirik Lagu Liga Champions
Liga Champions

Mengulik Sejarah dan Arti Lirik Lagu Liga Champions

13 hours Ago

Bagi Anda pencinta sepak bola, terutama Liga Champions pasti akrab dengan lagu "kebangsaan…

BERITA LAINNYA
Video /